androidvodic.com

369 Jemaah Haji Kloter 01 Batam DIjadwalkan TIba Kembali ke Tanah Air, Rabu Lusa - News

News, MAKKAH - Amirulhajj sekaligus Menteri Agama RI Yaqut Cholil Quomas dijadwalkan melepas 369 jamaah haji asal Batam ke Tanah Air, pukul 16.00 Waktu Arab Saudi (WAS), Senin (3/7/2023) sore ini.

Jemaah haji kloter 01 Batam (BTH) akan jadi rombongan pertama jamaah haji Indonesia yang tiba di Tanah Air, Rabu (4/7/2023). Mereka akan diterbangkan pada Selasa (3/7/2023) dini hari pukul 00.05 WAS esok dari Bandara King Abdul Aziz Jeddah.

Ketua Sektor III Syisyah HM Iqbal Ismail menyebutkan Mezaab Al Shabiq jadi venue seremoni pelapasan jamaah Kelompok Terbang (kloter) BTH 01 Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) ini.

"Kebetulan hotel 310 itu masuk wilayah sektor III, jadi teknis persiapannya, sepenuhnya sama kami," kata Iqbal, Senin (3/7/2023).

Iqbal mengaku sudah berkoordinasi dengan Kepala PPIH Daerah Kerja Makkah Khalilurrahman, bersama kepala bidang relevan, termasuk pihak transportasi dan perlindungan jamaah.

"Acaranya sederhana. Siang ini kami rapat koordinasi teknis, dan pihak manajemen hotel untuk pelepasan," kata Iqbal yang juga Kabid PHU Kemenag Sulsel ini.

Informasi yang diperoleh Tribun, seremoni pelepasan pemulangan jamaah asal embarkasi Batam, Kepulauan Riau, (BTH-01) digelar sebelum menag bertolak ke Madinah, malam ini.

Di Madinah, Amirul Hajj akan meninjau rangkaian layanan dan persiapan kedatangan rombongan jamaah gelombang ke II untuk ziarah dan ibadan Arbain di Kota Nabi.

Selain jamaah BTH-01, jamaah kloter 01 JKG, asal Embarkasi Pondok Gede Jakarta, juga dijadwalkan meninggalkan Tanah Suci, sekitar pukul 00.15 WAS.

Baca juga: Mulai 4 Juli 2023 Jemaah Haji Indonesia Pulang Bertahap, Ini Rincian Debarkasinya

Kedua kloter awal dari gelombang I ini, dijadwalkan tiba di Tanah Air, Rabu (4/7/2023) pagi.
Jamaah Batam mendarat di Bandara Internasional Hang Nadim dan pesawat jamaah Jakarta, landing di Bandara utama Indonesia Soekarno Hatta, Cengkareng, Rabu (4/7) siang.

Penerbangan internasional Jeddah ke Indonesia, menempuh waktu sekitar 8 hingga 9 jam.

Baca juga: PPIH Ungkap Barang yang Dilarang Dibawa Jemaah Haji Saat Pulang ke Indonesia

Sepanjang Rabu (4/7/2023) dini hari hingga siang, sebanyak 16 kloter lain diberangkatkan dari Makkah ke Jeddah untuk kembali ke Indonesia.

Mereka akan menumpang maskapai Saudi Arabia dengan nomor penerbangan 5080 SV.

Berdasarka data dari siskohat, dua jamaah BTH 01 Batam masih dirawat di dua rumah sakit di Makkah.
Mereka adalah Syafe'i Wahid Bin Wahid yang drawat di RS Mina Al Wadi) dan Hatijah Binti Umar yang dirawat di KKHI Makkah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat