androidvodic.com

TNI AL Akan Lengkapi Kapal Perang untuk Satlinlamil 3 Secara Bertahap - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali mengatakan pihaknya akan melengkapi kapal perang untuk Satlinlamil 3 di Makassar secara bertahap.

Ia mengatakan kapal-kapal perang yang akan dilengkapi di sana khususnya jenis Landing Ship Tank (LST).

Ali mengakui saat ini memang Satlinlamil 3 masih memiliki banyak keterbatasan mengingat satuan tersebut masih relatif baru terbentuk.

Hal tersebut disampaikannya usai menghadiri kegiatan puncak HUT Ke-62 Kolinlamil di Mako Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta pada Senin (3/7/2023).

"Untuk Mako (Markas Komando) sudah ada, kapal kapalnya bertahap akan dilengkapi, sekarang sudah ada beberapa KRI yang ditempatkan di sana, khususnya LST-LST," kata Ali.

"Ke depan tentu akan kita tambah, karena ini organisasi baru dan kita mengembangkan tugas Kolinlamil juga sebagai pembina dari angkutan laut nasional, dan bisa membantu tugas-tugas dari pemerintah daerah maupun pusat dalam menyambungkan atau menghubungkan pulau-pulau terkuat yang berada di wilayah Indonesia bagian timur," sambung dia.

Baca juga: KSAL Ajak Prancis, Turki, dan Belanda Ikut Latihan Bersama Super Garuda Shield 2023 di Indonesia

Ali mengatakan salah satu tujuan satuan tersebut ditempatkan di Makassar adalah untuk mengangkut pasukan dari divisi Kostrad.

"Karena sesuai dengan tugasnya yaitu mengangkut pasukan khususnya pasukan dari Divisi Kostrad yang ada di Makassar juga, makanya ditempatkannya di Makassar," kata Ali.

Diberitakan sebelumnya, Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi (pejabat ketika itu) mewakili Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono (pejabat saat itu) meresmikan Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 yang memperkuat lintas laut perairan wilayah timur di Dermaga Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (2/12/2020).

Peresmian Satlinlamil 3 Makassar merupakan realisasi dari rencana validasi organisasi TNI Angkatan Laut sesuai Perpres nomor 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI dan Perkasal nomor 20 tahun 2020 yang mengatur pembentukan Satuan Lintas Laut Militer 3.

Satuan Komando pelaksana pembinaan Kolinlamil tersebut merupakan yang ketiga setelah Satlinlamil 1 yang di Jakarta dan Satlinlamil 2 di Surabaya Jawa Timur.

Irwan mengatakan Satlinlamil 3 Makassar merupakan satuan komando pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil Makassar dalam rangka mendukung tugas-tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis.

Fungsi tersebut yakni sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat