androidvodic.com

Kemendikbudristek Sebut Program Merdeka Mengajar Jadi Solusi Jawab Sebaran Guru yang Belum Merata - News

Laporan Wartawan TribunJakarta.com, Muji Lestari

News, BALI - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyadari masalah sebaran guru terampil yang belum merata di Indonesia.

Namun, menyusul hal tersebut Kemendikbud mengaku telah mempunyai solusi terkait penyelesaian masalah belum meratanya persebaran guru terampil di daerah 3 T (tertinggal, terdepan dan terluar).

Hal ini disampaikan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek Suharti dalam konferensi Internasional Inclusive Lifelong Learning Conference (ILLC) bersama UNESCO di Bali, Selasa (4/7/2023).

Suharti mengatakan, Kemendikbud telah mempunyai beberapa program untuk menyelesaikan persebaran guru yang tidak merata. Di antaranya, program platform Merdeka Mengajar dan Kampus Mengajar.

Menurut Suharti, melalui platform Merdeka Mengajar dapat mempermudah guru dan tenaga pengajar di berbagai daerah untuk memberikan pelatihan dan peningkatan keterampilan mereka mengajar.

Guru dapat mengakses platform ini dimanapun berapa dan bisa dijadikan bekal pelatihan untuk membuat pembelajaran yang menarik.

"Platform Merdeka Mengajar yang sudah bisa di download melalui aplikasi. Jadi guru juga bisa belajar, sehingga tidak hanya medapatkan pelatihan formal secara tatap muka tapi juga bisa belajar secara mandiiri," kata Suharti dalam konferensi pers di Inclusive Lifelong Learning Conference (ILLC), Bali.

Tak hanya itu, Suharti juga mengatakan bahwa pemerintah juga mempunyai program Kampus Mengajar.

Program Kampus Mengajar ini menyasar mahasiswa di perguruan tinggi.

Melalui program ini mahasiswa diharapkan dapat berkontribusi untuk menjadi pengajar di sekolah-sekolah daerah tertinggal dan sekolah yang memiliki kopetensi literasi rendah.

"Jadi kita kirim mahasiwa dari perguruan tinggi untuk mengajar menjadi tutor di sekolah daerah tertinggal dan sekolah yang memiliki kompetensi literasi rendah," ujar Suharti.

Menurut Suharti program tersebut dapat menjadi solusi belum meratanya penyebaran guru terampil di Tanah Air.

Baca juga: Kemendikbudristek Targetkan 13.600 Mahasiswa Ikut Program Wirausaha Merdeka

Dengan begitu masyarakat bisa mendapatkan pelayanan pendidikan sekalipun berada di wilayah tertinggal.

"Jadi mudah mudahan dengan berbagai program yang dilakukan kemendikbudristek dengan dukungan pihak lain bisa memberi layanan lebih baik pada masyarakat," katanya.

Artikel ini telah tayang di TribunJakarta.com dengan judul Jawab Sebaran Guru yang Belum Merata, Kemendikbud Sebut Program Merdeka Belajar Bisa Jadi Solusi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat