androidvodic.com

Panglima TNI Percayakan Negosiasi Pilot Susi Air ke Bupati Nduga, Tak Masalah Soal Tebusan Rp5 M - News

News - Penjabat (Pj) Bupati Nduga Provinsi Papua Pegunungan, Edison Gwijangge, diberi kepercayaan untuk bernegosiasi dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua terkait pembebasan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens.

Pilot Susi Air disandera KKB Papua sejak 7 Februari 2023, alias hampir lima bulan.

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengungkapkan, Edison tengah berada di Wamena untuk menyiapkan pesawat dalam rangka upaya negosiasi membebaskan Kapten Philip.

"Untuk pilot, kita sudah percayakan kepada Pj Bupati Nduga untuk melaksanakan negosiasi, dan saat ini Pak Bupati dimonitor sedang berada di Wamena untuk menyiapkan pesawat," kata Yudo di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (4/7/2023), dilansir Kompas.com.

"Kita masih menunggu, ya kita percayakan Bupati Nduga untuk melaksanakan negosiasi," ujar Yudo.

Baca juga: Nasib Pilot Susi Air usai Ancaman KKB, Polda Papua Optimis Negosiasi Berhasil

Keselamatan pilot Susi Air dan keamanan masyarakat setempat disebut Yudo sebagai prioritas yang dikedepankan.

Sementara terkait syarat KKB pimpinan Egianus Kogoya yang meminta tebusan Rp 5 miliar untuk bebasnya Philip, Yudo mengatakan tidak masalah.

"Yang jelas itu tadi untuk damai dan kemanusiaan, apalagi menyangkut nyawa manusia, baik pilot maupun masyarakat setempat, artinya tidak ada apapun yang seharga itu," ungkap Yudo.

Diketahui, batas waktu negosiasi yang diminta KKB adalah 1 Juli 2023.

Pemerintah menyatakan bakal memenuhi syarat uang tebusan Rp 5 miliar dari KKB demi membebaskan pilot berkebangsaan Selandia Baru itu.

"Sebetulnya terkait hal itu Pemda (Papua) sedang menyiapkan pembayaran uang petugas sejak awal pada saat adanya tuntutan kelompok Egianus Kogoya," kata Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, dikutip dari Kompas TV, Minggu (2/7/2023).

Video rekaman pesan pilot pesawat Susi Air Kapten Philip Mark Mertens
Video rekaman pesan pilot pesawat Susi Air Kapten Philip Mark Mertens (Tribun-Papua.com)

Baca juga: Begini Kondisi Pilot Susi Air di Tengah Ancaman Tembak Mati oleh KKB, Polda Sebut Nama Jefry Pagawak

Kondisi Pilot Susi Air

Sementara itu Kepala Operasi Damai Cartenz-2023, Kombes Faizal Ramadhani, mengatakan menurut hasil penyelidikan hingga saat ini, kondisi pilot Susi Air dalam keadaan sehat.

Faizal pun berharap kesehatan pilot Susi Air terus terjaga sampai nanti.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat