androidvodic.com

Tawarkan Visinya, Anies Ingin Seluruh Wilayah Indonesia Menyala Terang Saat Dilihat dari Udara - News

News, JAKARTA - Bakal calon presiden Koalisi Perubahan yang juga eks Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan berbicara soal ketimpangan di masyarakat yang dicerminkan dari lampu atau listrik berdasarkan citra satelit.

Hal ini disampaikan Anies dalam acara Rakernas XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia, di Makassar, Kamis (13/7/2023).

"Saya tidak menggunakan statistik, pake ilustrasi ini aja, listrik yang nyala di malam hari. Dari situ terlihat ketimpangan yang luar biasa," kata Anies.

Anies kemudian mencontohkan citra satelit dari negara India yang punya jumlah penduduk 1,3 miliar dan permasalahan yang kompleks. Ketika di malam hari, terlihat distribusi cahaya pada citra satelit lebih merata.

"Di sini (India) terlihat bahwa kota-kota memiliki dalam tanda kutip kontribusi yang relatif setara," kata Anies.

Bercermin dari India dan Korea Selatan yang punya cahaya kota paling terang dari citra satelit, Anies pun menawarkan visinya untuk lima tahun ke depan.

Dia ingin seluruh wilayah Republik Indonesia menyala terang di malam hari saat dilihat dari udara.

"Jadi visi yang kita ingin tawarkan ke depan, kita ingin di malam hari seluruh kota di Republik Indonesia menyala terang dari udara," tutur Anies.

Baca juga: Dipertemukan di Rakernas APEKSI, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan Kompak Bilang Sahabat

Menurut Anies, perkotaan tidak boleh gelap. Lantaran kota yang gelap dipandang punya perekonomian dan kontribusi rendah.

"Jadi jangan sampai kota-kota ini gelap, kalau gelap itu perekonomian rendah, kontribusinya rendah, dan tentu saja PLN harus menyiapkan suplainya," terang dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat