androidvodic.com

Carut Marut Sistem Zonasi PPDB, DPR Minta Kemendikbud Evaluasi Total - News

News - Munculnya sejumlah permasalahan sistem zonasi dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) mendapat perhatian dari DPR RI.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Abdul Fikri Faqih menyayangkan sistem zonasi dalam PPDB kerap menjadi polemik setiap pergantian tahun ajaran baru.

Kemendikbudristek diminta segera menuntaskan permasalahan tersebut agar generasi bangsa mendapat kepastian memperoleh akses pendidikan.

Fikri mencontohkan, adanya permasalahan seperti pemalsuan dokumen agar calon peserta didik bisa masuk ke sekolah yang diinginkan meski di luar zonasinya.

"Akhirnya kan ini enggak adil bahkan anak yang enggak tahu apa-apa hanya gara-gara dekat dengan sekolah itu (malah ditolak), padahal dia punya hak lebih besar karena dapat dikasih skor lebih besar dan seterusnya."

"Ini (masalah) pendidikan kok sampai-sampai seperti itu? Mau nanti jadinya apa? Kalau anak masuk sekolah saja dengan cara membohongi,” tanggap Fikri dalam agenda Dialektika Demokrasi bertajuk ‘Polemik Zonasi PPDB, Bagaimana Solusinya?’ di Gedung Nusantara III, Senayan, Jakarta, Kamis (21/7/2023).

Baca juga: Nasib Miris Puluhan Sekolah Swasta di Banten: Kurang Murid hingga Tidak Ada Siswa Baru Dampak PPDB

Politisi Fraksi PKS itu menekankan tujuan dari sistem zonasi adalah pemerataan kualitas pendidikan Indonesia.

Sistem zonasi, ungkapnya, semestinya diatur dengan mempertimbangkan situasi pendukung sekolah sekaligus berkolaborasi dengan tiap-tiap dinas pendidikan daerah.

Sehingga implementasinya tidak salah kaprah dan tidak membuka celah kecurangan

“Ini (bagian) pendidikan karakter. Berarti kan orang tuanya bekerja sama dengan anaknya, bekerja sama di sekolahnya. Yang mau didirikan, ya karakternya seperti apa yang akan dibangun. Mestinya ada evaluasi total,” ujarnya

Komisi X DPR juga meminta adanya pendekatan pengawasan dari berbagai pihak terkait dalam implementasi sistem zonasi.

Pendekatan pengawasan ini turut akan membantu menentukan siapa yang harus dihukum jika terdapat oknum yang melakukan kecurangan.

Implementasi PPDB Melenceng dari Tujuan

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Ahmad Muzani meminta pemerintah meninjau kebijakan sistem zonasi PPDB.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat