androidvodic.com

Anak Ferdy Sambo Lolos Akpol 2023, Ini Respons Pemerhati Anak  - News

News, JAKARTA -- Mengikuti jejak ayahnya menjadi polisi, anak laki-laki Ferdy Sambo, Tribrata Putra baru saja lolos masuk Akpol (Akademi Kepolisian) 2023.

Pengumuman itu disiarkan secara langsung lewat kanal Penyediaan Personel di YouTube.

Hal ini turut direspons pemerhati anak sekaligus Ketua LPAI (Lembaga Perlindungan Anak Indonesia) Prov.Banten Adi Abdillah Marta.

Ia mengatakan, impian menjadi polisi tentu juga diinginkan oleh jutaan anak lain yang memiliki sejarah masa lalu bersih dan non trauma seperti kasus hukum orangtuanya.

"Maka kemudian lulusnya anak FS di AKPOL hanya menjadi bukti nyata "kongkalingkong" proses seleksi penerimaan para calon tarunanya," ujar dia dalam keterangan yang diterima, Kamis (27/7/2023).

Adi pun lebih menyarankan, anak Ferdy Sambo lebih baik menjadi praktisi agama seperti menjadi pendeta dan sejenisnya.

Harapanya agar ada perbaikan image dan menjadi bukti bahwa anak Ferdy Sambo lebih baik masa depannya. 

"Banyak ruang kiprah yang lebih elegan bagi anak FS hanya ketimbang menjadi Polisi lagi," tutur Adi.

Dikesempatan yang berbeda, Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri menyebut, ada jasa besar Kak Seto sebagai psikolog anak yang mendampingi Tribrata saat masalah besar menimpa Ferdy Sambo dan ibunya Putri Candrawathi.

"Kak Seto dulu mengimbau publik agar jangan menghujat anak-anak Ferdy Sambo. Anak-anak berhak dilindungi dari tindak kekerasan dan diskriminasi. Saya juga terima kabar, Kak Seto dkk. ke Mako Brimob dan Magelang," ujar Reza saat dihubungi News.

Menurutnya untuk bisa melalui tahap seleksi Akpol pasti sangat ketat dan berat.

Hal ini menjadi bukti bahwa anak Ferdy Sambo mampu bertahan di tengah situasi sulit. 

"Dalam bahasa psikologi, anak FS punya daya lenting dalam situasi kritis," tutur dia. 

Keberpihakan Kak Seto pada anak-anak mantan Kadiv Propam ini membuat mereka tetap mampu beradaptasi di situasi berat dan memiliki prestasi.

"Tinggal lagi, bagaimana anak FS nantinya juga punya kesungguhan hati untuk 'membayar' jasa Kak Seto. Yaitu, dengan menjadi polisi sahabat anak. Ini sesuai dengan salah satu kampanye Kak Seto dan Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), yaitu Polsana," ungkap Reza.

Baca juga: Anak Ferdy Sambo Lolos Akpol, Ketua LPAI Banten Justru Berikan Saran Ini

Menurut Reza, saat lolos dari Akpol Tribrata harus mampu melayani-melindungi-mengayomi, terhadap keluarga mendiang Josua.

Ia menyebut, sangat elok jika Polri mempertimbangkan untuk menugaskan anak Ferdy Sambo itu bisa melayani masyarakat di wilayah tempat keluarga mendiang Josua. 

"Siapa tahu restorative justice yang hakiki akan berlangsung di situ. Yaitu, anak FS menjadi perpanjangan tangan orangtuanya yang sempat meminta maaf ke keluarga mendiang Josua," sarannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat