androidvodic.com

Contoh Teks Khutbah Jumat: Bulan Muharram dan Anjuran Puasa Asyura - News

News - Berikut contoh teks khutbah Jumat yang dapat dibawakan besok sebelum sholat Jumat (28/7/2023).

Contoh teks khutbah Jumat ini berjudul 'Bulan Muharram dan Anjuran Puasa Asyura'.

Dalam contoh teks khutbah Jumat tersebut memuat sejumlah keutamaan yang didapat umat muslim ketika melaksanakan puasa Asyura saat bulan Muharram.

Puasa Asyura biasanya dilakukan umat muslim saat 10 Muharram, yang tahun ini jatuh pada 28 Juli 2023.

Pasalnya sebelumnya telah ditetapkan 1 Muharram 1445 H jatuh pada 19 Juli 2023.

Lebih lengkapnya, simak contoh teks khutbah Jumat yang dikutip dari laman Elipski Kemenag:

Baca juga: Contoh Teks Khutbah Jumat: Perhatikan Bulan Muharram

Contoh Teks Khutbah Jumat

Khutbah Pertama

Khutbah Jumat Pertama
Contoh teks khutbah pertama pada khutbah Jumat berjudul Bulan Muharram dan Anjuran Puasa Asyura

Hadirin sidang jama’ah Jum' at rahimakumullah

Segala puji dan puja mari kita panjatkan pada Allah atas berbagai macam nikmat yang telah Allah anugerahkan kepada kita sekalian. Di antara nikmat yang Allah anugerahkan adalah kita berada di bulan yang mulia, yaitu bulan Muharram. Bulan ini bukanlah bulan yang penuh dengan musibah atau penuh sial sebagaimana anggapan sebagian orang.

Shalawat dan salam semoga tercurah kepada penghulu para nabi dan rasul sekaligus pelita kegelapan, yakni Nabi Besar Muhammad saw. Shalawat dan salam juga semoga terlimpah kepada para sahabatnya, para tabiin, para tabi’ tabiin, hingga kepada kita semua yang semoga diberi kekuatan mengikuti ajarannya.

Khatib berwasiat kepada diri pribadi dan juga kepada jamaah sekalian, marilah kita sama-sama mempertahankan sekaligus meningkatkan ketakwaan kepada Allah Swt. Sebab, takwa merupakan bekal terbaik kita menghadapi kehidupan akhirat kelak, di samping sebagai perisai diri kita dalam rangka menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan-Nya.

Hadirin sidang jama’ah Jum' at rahimakumullah

Tidak terasa Dzulhijjah telah meninggalkan kita dan sekarang Muharram yang menyapa kita. Allah datangkan Muharram seraya mengetuk alam pikir kita bahwa waktu ini ternyata begitu cepat berlalu bagi kita. Kita adalah orang-orang yang beruntung karena masih diberikan kesempatan umur untuk memantapkan persiapan bekal di bulan Muharram.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat