androidvodic.com

Laksamana Yudo Perintahkan Perwira yang Bertugas di Luar Mabes Pakai Seragam TNI Seminggu Sekali  - News

News, JAKARTA - Panglima TNI Laksamana Yudo Margono memerintahkan kepada para perwira TNI yang berdinas di luar Mabes TNI untuk mengenakan seragam TNI seminggu sekali.

Yudo pun mengutarakan alasannya.

"Biar mereka sadar bahwa mereka masih TNI,  masih punya naluri TNI, masih punya disiplin, masih punya hierarki, masih punya kehormatan militer," kata Yudo dalam acara ramah tamah setelah memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Pejabat Utama Mabes TNI di GOR A. Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, dikutip Sabtu (29/7/2023).

Yudo menegaskan bahwa semua prajurit TNI di mana pun harus menjaga nama baik TNI.

"Dan itu juga adalah tugas negara," kata dia.

Yudo juga memberi pesan khusus kepada dua pimpinan lembaga baru di luar lingkungan TNI yang dijabat oleh Marsdya Kusworo selaku Kabasarnas yang baru, dan Laksdya Irvansyah yang menjabat Kepala Bakamla.

"Kepada para pejabat yang nantinya bertugas di luar, kepada Pak Marsdya Kusworo yang nantinya di Basarnas, Pak Irvansyah yang nanti di Bakamla. Tolong jangan lepas dari induknya. Harus tetap ditanamkan ke diri masing-masing bahwa aku ini TNI" kata Yudo.

Yudo juga mengingatkan kepada jajarannya bahwa kasus dugaan korupsi di Basarnas  perlu menjadi evaluasi bersama. 

"Kita harus mawas diri dengan hal seperti itu.  Jangan dilihat negatifnya berita itu. Mari kita evaluasi bersama sehingga ke depan tidak terjadi lagi di tubuh TNI ataupun para prajurit TNI yang bertugas di luar struktur TNI," kata Yudo.

Baca juga: Mahfud MD Percaya Peradilan Militer Bisa Tangani Kasus Korupsi Kabasarnas 

Dengan begitu, dikatakan Yudo, semua unsur di TNI tetap solid untuk melaksanakan tugas pokok atau fungsi TNI.

Adapun pejabat utama Mabes TNI yang melaksanakan serah terima jabat itu adalah Irjen TNI dari Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono kepada Laksda TNI Dr. Angkasa Dipua, Pangkogabwilhan I dari Laksdya TNI Irvansyah kepada Laksamana Muda Erwin S Aldedharma, Pangkogabwilhan III dari Letjen Agus Suhardi kepada Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon.

Kemudian Dansesko TNI dari Marsdya TNI Kusworo kepada Marsda TNI Samsul Rizal, Koorsahli Panglima TNI dari Mayjen TNI Harfendi kepada Laksda TNI Dwi Sulaksono, Asintel Panglima TNI dari Laksda TNI Angkasa Dipua kepada Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Lalu Aspers Panglima TNI dari Marsda TNI Samsul Rizal kepada Marsda TNI Arif Widianto, dan Kapusada TNI dari Marsma TNI Agus Sudarmanto, kepada Kolonel Kal Achsanul Amaly.

Baca juga: Bakamla Bersama Kodim dan BAIS TNI Amankan 8 PMI Ilegal yang Hendak Pulang Lewat Pelabuhan di Dumai

Sertijab tersebut berdasarkan Kep Panglima TNI No Kep 690/VI/2023 Tanggal 26 Juni 2023 dan Kep Panglima No Kep 779/7/2023 Tanggal 17 Juli 2023.

Pada Sertijab Pangkogabwilhan I, Pangkogabwilhan III serta Dansesko TNI dilaksanakan penyerahan lambang-lambang satuan. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat