androidvodic.com

Panglima TNI Ingatkan Para Jajarannya Terkait Kasus Dugaan Korupsi di Basarnas: Perlu Jadi Evaluasi - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA- Panglima TNI Laksamana Yudo Margono mengingatkan kepada jajarannya bahwa kasus dugaan korupsi di Basarnas perlu menjadi evaluasi bersama. 

Keterangan tersebut disampaikan Yudo saat acara ramah tamah setelah memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab)  Pejabat Utama Mabes TNI di GOR A. Yani Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, dikutip Sabtu (29/7/2023).

"Kita harus mawas diri dengan hal seperti itu.  Jangan dilihat negatifnya berita itu. Mari kita evaluasi bersama sehingga ke depan tidak terjadi lagi di tubuh TNI ataupun para prajurit TNI yang bertugas di luar struktur TNI," kata Yudo.

Dengan begitu, dikatakan Yudo, semua unsur di TNI tetap solid untuk melaksanakan tugas pokok atau fungsi TNI.

Yudo juga berpesan kepada Kabasarnas yang baru Marsdya Kusworo dan Laksamana Madya Irvansyah selaku Kepala Bakamla yang baru

Baca juga: KPK Didesak Tuntaskan Kasus Dugaan Korupsi di Basarnas dan Tak Perlu Minta Maaf ke TNI

"Tolong jangan lepas dari induknya. Harus tetap ditanamkan ke diri masing-masing bahwa aku ini TNI," tanbahnya.

Selain itu, Yudo juga meminta prajurit TNI yang berdinas di luar struktur TNI agar terus menjalin komunikasi yang baik.  

"Para TNI yang berada di sana juga dibina bahwa mereka masih TNI walaupun bajunya sudah berubah orange, bajunya sudah berubah baju telur bebek abu-abu," ujarnya.

Yudo juga memerintahkan kepada para perwira TNI yang berdinas di luar TNI untuk mengenakan seragam TNI selama seminggu sekali.

"Biar mereka sadar bahwa mereka masih TNI,  masih punya naluri TNI, masih punya disiplin, masih punya hierarki, masih punya kehormatan militer. Semua TNI yang bertugas di manapun harus membawa nama baik TNI dan itu juga adalah tugas negara," tandasnya.

Adapun pejabat utama Mabes TNI yang melaksanakan serah terima jabat itu adalah Irjen TNI dari Letjen TNI (Mar) Bambang Suswantono kepada Laksda TNI Dr. Angkasa Dipua, Pangkogabwilhan I dari Laksdya TNI Irvansyah kepada Laksda TNI Achmad Wibisono, Pangkogabwilhan III dari Letjen Agus Suhardi kepada Letjen TNI Richard T.H. Tampubolon.

Baca juga: Novel Baswedan Kritik Sikap Firli Bahuri Hadapi Kasus OTT Basarnas: Tidak Bertanggungjawab

Kemudian Dansesko TNI dari Marsdya TNI Kusworo kepada Marsda TNI Samsul Rizal, Koorsahli Panglima TNI dari Mayjen TNI Harfendi kepada Laksda TNI Dwi Sulaksono, Asintel Panglima TNI dari Laksda TNI Angkasa Dipua kepada Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Lalu Aspers Panglima TNI dari Marsda TNI Samsul Rizal kepada Marsda TNI Arif Widianto, dan Kapusada TNI dari Marsma TNI Agus Sudarmanto, kepada Kolonel Kal Achsanul Amaly.

Sertijab tersebut berdasarkan Kep Panglima TNI No Kep 690/VI/2023 Tanggal 26 Juni 2023 dan Kep Panglima No Kep 779/7/2023 Tanggal 17 Juli 2023.

Baca juga: Lini Masa OTT di Basarnas dan Jerat Kabasarnas jadi Tersangka, Berujung Mundurnya Dirdik KPK

Pada Sertijab Pangkogabwilhan I, Pangkogabwilhan III serta Dansesko TNI dilaksanakan penyerahan lambang-lambang satuan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat