androidvodic.com

Penjelasan Hasto soal Ferdinand Hutahaean Jadi Caleg PDIP Gantikan Effendi Simbolon - News

News, JAKARTA - Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto membuka suara ihwal kabar Effendi Simbolon tak lagi dicalonkan sebagai bakal calon anggota legislatif (caleg) partainya di Pemilu 2024.

Posisi Effendi sebagai caleg PDIP kabarnya akan diganti oleh mantan politikus Partai Gerindra, Ferdinand Hutahaean.

Hasto menjelaskan proses penetapan caleg PDIP ke suatu daerah pemilihan (Dapil) tergantung aspek demografi.

"Proses penetapan anggota legislatif itu dilakukan satu kesatuan. Jadi bukan si A mengganti si B, karena kita lihat Dapil dari aspek demografinya," kata Hasto di kantor Sekolah Partai PDIP, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Sabtu (5/8/2023).

Menurutnya, pemetaan berdasarkan aspek demografi sangat penting sebagai strategi untuk melawan caleg-caleg dari partai lain di suatu Dapil.

"Kita melihat kontestasinya dengan partai politik yang lain, misalnya di suatu Dapil ada ketua umum yang dicalonkan dari partai A, berarti PDIP harus melihat secara dinamis kira-kira yang akan berkontestasi dengan tokoh tersebut siapa dari internal partai," ujar Hasto.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) ini menerangkan hingga kini seluruh bakal caleg sifatnya masih sementara.

"Karena juga masih dilakukan uji-uji publik, tetapi Bung Ferdinand sendiri memang itu sudah kami persiapkan melalui berbagai pelatihan-pelatihan," ucap Hasto.

Hasto memastikan seluruh bakal caleg yang sebelumnya berada di partai lain dan kini bergabung dengan PDIP, tetap akan digembleng.

Sebelumnya, Ferdinand Hutahaean mengaku akan maju menjadi bakal calon anggota legislatif melalui PDIP pada Pemilu 2024.

Ferdinand akan maju sebagai caleg melalui daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III yang meliputi tiga wilayah administratif, yakni Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

"Ya betul saat ini terdaftar sebagai bakal calon anggota legislatif dari PDIP," kata Ferdinand saat dikonfirmasi, Rabu (2/8/2023).

Dia menyebut bahwa dirinya maju sebagai caleg dari Dapil DKI Jakarta III menggantikan Effendi Simbolon.

Baca juga: Gantikan Effendi Simbolon, Ferdinand Hutahaean Maju Caleg Lewat PDIP

"Saya mendaftar di PDIP dan masuk di Dapil III Jakarta yang tadinya di sana ada Bang Effendi Simbolon," ujar Ferdinand.

Menurut Ferdinand, Effendi Simbolon tak lagi maju sebagai caleg dari partai berlambang banteng moncong putih itu di Pemilu 2024.

"Yang saya tahu Bang Effendi Simbolon tidak lagi maju sebagai caleg dari PDIP," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat