androidvodic.com

Orangtua Peserta Jambore Dunia Keluhkan Gelombang Panas di Korsel, Klaim Panitia Bertolak Belakang - News

Laporan Wartawan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Salah satu orangtua peserta Jambore Dunia di Korea Selatan dari Jawa Barat, Herzaky Mahendra Putra, mengeluhkan cuaca di sana yang tidak bersahabat.

Alih-alih berharap sang anak mendapatkan pengalaman mandiri layaknya pramuka, Herzaky mengungkapkan fenomena gelombang panas membuat anaknya dipaksa berhadapan pada pengalaman bertahan hidup.

"Sudah berhari-hari anak kami dan teman-temannya dari Indonesia hanya mendapat makan pagi buah-buahan dan susu. Sedangkan makan siang hanya snack dan jus. Tidak ada makan berat di tengah gelombang panas yang melanda Korsel," tulis Herzaky dalam surat yang dikirim ke redaksi News, Sabtu (5/8/2023).

Herzaky tidak menampik jika makanan tersebut jauh lebih baik dibandingkan 100 juta rakyat Indonesia yang sedang dilanda kemiskinan.

"Tapi di tengah aktivitas yang mereka lakukan, di bawah gelombang panas yang sedang melanda Korea Selatan, membuat asupan nutrisi ini jauh dari memadai," tulisnya.

Dikatakan Herzaky bahwa anak tercintanya untuk mendapatkan cairan dan nutrisi untuk penuhi kebutuhan tubuh harian harus berjalan minimal tiga kilometer jauhnya.

"Untuk mendapatkan tambahan cairan dan nutrisi, harus berupaya sendiri, dengan berjalan kaki minimal 3 km ke convinience store yang jumlahnya hanya 5 untuk melayani 40rb lebih peserta," kata Herzaky.

Parahnya lagi diungkapkannya bahwa antrian untuk mendapatkan cairan dan nutrisi tersebut sangat panjang.

Baca juga: Ratusan Pramuka Sakit Akibat Gelombang Panas di Jambore Pramuka Sedunia di Korea Selatan

"Sudah kelaparan, kehausan, kecapekan, masih ditambah harus antri panjang sambil diterpa gelombang panas. Banyak teman anak kami yang sudah tumbang. Tangis tiap malam terus terdengar di tenda-tenda teman-teman anak kami sambil menelpon ortunya," ungkapnya.

Herzaky melanjutkan keadaan diperparah dengan adanya bunyi mobil ambulans yang kerap terdengar nyaring ditelinga.

"Bunyi ambulan juga menjadi sering terdengar. Bahkan, tak sedikit yang dirawat di rumah sakit. Untuk buang air pun, harus berjalan kaki minimal 2 km pulang pergi di tengah terik panas 38-39 derajat," lanjutanya.

Panitia klaim peserta Jambore baik-baik saja

Kekecewaan Herzaky Semakin menjadi-jadi saat panitia yang mendampingi menyebutkan bahwa keadaan Jambore Dunia di Korsel baik-baik saja.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat