androidvodic.com

WNI Asal Yogyakarta Berhasil Tembus Kerja di Perusahaan Farmasi Ternama di Korsel, Ini Kiatnya - News

News, JAKARTA - Putu Tiara Saraswati, Warga Negara Indonesia (WNI) asal Yogyakarta mulanya tidak menyangka dirinya bisa bekerja di Korea Selatan (Korsel).

Wanita yang akrab disapa Tiara itu diterima di salah satu perusahaan farmasi ternama negeri ginseng, yakni Daewoong Pharmaceuticals, yang merupakan salah satu dari 5 perusahaan farmasi terbaik di Korsel.

Daewoong sendiri merupakan perusahaan industri farmasi atau bio, medis, obat-obatan yang mencakup seluruh sektor perawatan kesehatan, seperti TI, manajemen fasilitas, dan pengembangan sumber daya manusia.

"Saat itu saya masih menunggu pengumuman lulus profesi, saya mencoba cari-cari dan kebetulan ada poster Daewoong Global Recruitment dan dari situ saya apply dan masuk ke step document requirement," kata Tiara, Selasa (15/8/2023).

Tiara merupakan sarjana farmasi lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada Mei 2021 yang lolos perekrutan profesional white color perusahaan Daewoong.

Sebelumnya, Tiara juga memiliki pengalaman bekerja di perusahaan farmasi Kalbe Farma.

Dirinya memutuskan untuk bekerja di Korsel karena ada ketertarikan sejak awal dengan budaya Korea dan sempat belajar Bahasa Korea.

Saat menemukan kesempatan untuk berkarir di Korsel, Tiara tidak menyia-nyiakan kesempatan itu. 

Tiara mengatakan proses interview menggunakan Bahasa Inggris, namun Tiara juga turut menunjukkan skill Bahasa Koreanya kepada user. Hal ini menjadi salah satu nilai plus bagi Tiara.

Ketertarikan perempuan penyuka gudeg itu untuk bekerja di perusahaan Daewoong juga sebab Daewoong masuk sebagai Top 10 Tempat Kerja Terbaik di Asia oleh Great Place To Work (GPTW) pada tahun 2021.

Baca juga: Hadapi Topan Khanun, Pramuka Indonesia Peserta Jambore di Korsel Akan Beraktivitas di Dalam Gedung

"Budaya kerjanya seperti yang kita lihat di drama-drama, disini budayanya 'pali-pali' atau harus cepat-cepat semua itu melatih kedisiplinan. Hierarkinya juga tidak terlalu menonjol, baik antara karyawan, supervisor, atau manajer yang lebih tinggi dari kita," ujarnya.

Baru bekerja sejak April 2023 di Korsel, Tiara merasa nyaman dan aman di tempat kerjanya sebab atasannya membimbing dirinya dengan baik.

Menurutnya pemerintah Korsel juga memberikan fasilitas yang baik, kendati negara itu kerap berkonflik dengan Korea Utara.

Tiara yang pernah mendapatkan beasiswa dari Kementerian Riset dan Dikti itu bekerja di bagian quality assurance (QA) dengan tugas untuk memastikan kelengkapan data-data dan menjaga kerahasiaan data yang ada di Daewoong.

Tiara juga membocorkan kiat-kiat WNI yang ingin bekerja di Korsel, yaitu mulai dari mempersiapkan mental, fisik, dan skill bekerja.

Selain mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan secara resmi, ia juga mendorong WNI yang ingin bekerja di Korsel untuk belajar Bahasa setempat untuk mempermudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan rekan maupun pemangku kepentingan terkait di perusahaan. 

"Dari awal persiapkan dokumennya. Persyaratan di awal itu penting banget untuk dipikirkan matang-matang dan planing kedepan yang mau ditulis apa aja. Kalau menurut saya juga perlu dipersiapkan belajar bahasanya. Lalu dari ilmu yang telah kita pelajari ini kira-kira bisa nyambung atau tidak untuk kita bisa diterima bekerja di perusahaan," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat