androidvodic.com

Kenakan Baju Adat Maluku, Jokowi Jadi Rebutan Selfie Anggota DPR hingga Para Menterinya - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut dan menyalami para anggota DPR usai rampung menyampaikan pidatonya pada Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2023 di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Dalam gelaran sidang tahunan tersebut, Jokowi mengenakan pakaian adat Tanimbar Maluku.

Untuk informasi yang saya pakai ini adalah baju adat dari Tanimbar, Provinsi Maluku

Baca juga: Jokowi Singgung Istilah Pak Lurah di Awal Pidato Kenegaraan, Bima Arya: Ini Hal yang Tidak Biasa

Baju adat ini terdiri atas celana panjang dan kemeja panjang. Kelengkapan adat meliputi umpan, yaitu selembar kain tenun yang dililitkan ke tubuh dan diikatkan di bahu atau pinggang.

Di bagian kepala dikenakan hiasan dari bulu burung, seperti burung Cendrawasih atau Kakatua.

"Untuk informasi yang saya pakai ini adalah baju adat dari Tanimbar, Provinsi Maluku," kata Jokowi saat menutup pidatonya.

Baca juga: Daftar Baju Adat yang Pernah Dipakai Jokowi saat Pidato Kenegaraan: Baju Adat Baduy hingga Tanimbar

Selepas sidang rampung, Jokowi kemudian turun panggung dan menyalami jajaran anggota dewan yang berbaris memanjang di depan.

Nampak Jokowi menyalami anggota DPR RI yang juga Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Benny K Harman, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPR Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas.

Terlihat anggota DPR RI Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio menyalami dan mengajak selfie sang kepala negara, disusul anggota Komisi VIII DPR fraksi PKB, Maman Imanul Haq.

Selfie bersama Jokowi juga dilakukan anggota Komisi III DPR fraksi PKS, Aboe Bakar Alhabsyi alias Habib Aboe.

Nampak tak mau ketinggalan, Menteri BUMN Erick Thohir juga mengajak selfie Presiden Jokowi dengan satu frame bersama Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menkominfo Budi Arie Setiadi, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri PPPA Bintang Puspayoga, dan Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas.

Baca juga: Jokowi Singgung Pemimpin Mendatang Harus Capai Indonesia Emas, PPP: Sosok yang Dimaksud ya Ganjar 

Setelahnya, nampak juga anggota DPR RI dari fraksi Gerindra, Andre Rosiade berbincang dan berselfie. Kemudian Ketua DPR RI Puan Maharani yang juga mengenakan pakaian adat, mengajak foto bersama Jokowi di tengah panggung.

Usai rampung mengikuti Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR-DPD Tahun 2023, Presiden Jokowi akan lebih dulu kembali ke Istana Negara.

Presiden Jokowi kemudian akan kembali lagi ke Gedung DPR untuk mengikuti Sidang Paripurna DPR dan menyampaikan RUU APBN Tahun 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat