androidvodic.com

Istana Kepresidenan Gelar Upacara Proklamasi HUT Ke-78 RI, Berikut Rangkaian Acaranya - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA -  Upacara pengibaran sang saka merah putih memperingati HUT ke-78 RI digelar pagi ini di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Kamis (17/8/2023).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan memimpin upacara.

Hal itu berdasarkan pedoman pelaksanaan upacara HUT ke-78 RI tahun 2023 itu tertuang dalam Surat Edaran (SE) Menteri Sekretaris Negara tentang Pedoman Peringatan HUT Ke-78 Kemerdekaan RI Tahun 2023.

SE itu mengatur penyelenggaraan upacara di tingkat pusat hingga daerah.

Baca juga: Hadiri Sidang MPR: Megawati Rapikan Dasi Ketua KPK, Prabowo Cium Tangan Sinta Wahid, Jokowi Curhat

Dalam keterangan jadwal yang diterima, rangkaian upacara tersebut dimulai pada pukul 8.05 WIB di Monas dengan diawali kirab bendera bendera pusaka dan naskah proklamasi.

Kirab tersebut menuju Istana Merdeka dan dipimpin Kasetpres.

Sementara itu, upacara detik-detik proklamasi dimulai pada 9.40 WIB yang diawali dengan peniupan terompet pertama sebanyak 39 kali.

Presiden Jokowi memasuki lapangan upacara sekira pukul 9.57 WIB, dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan diantaranya pembacaan teks proklamasi, mengheningkan cipta, dan pembacaan doa.

Setelah itu, pengibaran bendera merah putih dilakukan pada pukul 10:17 WIB. Setelah itu, upacara dijadwalkan selesai pada 10:40 WIB.

Namun, rangkaian acara belum berakhir, sebab masih ada lanjutan acara-acara lainnya, di antaranya pertunjukan lagu-lagu oleh aubade Gita Bahana Nusantara, atraksi fly pass pesawat tempur, pesawat akrobatik, hingga pengibaran bendera raksasa di langit ibu kota.

Rangkaian acara dan atraksi tersebut selesai pada pukul 11.37 WIB.

Sementara pada sore nanti, rangkaian peringatan kemerdekaan Republik Indonesia akan dilanjutkan dengan upacara penurunan bendera yang dimulai pada pukul 16.37 WIB.

Upacara penurunan bendera dijadwalkan berakhir pada pukul 17.36 WIB.

Setelah itu, bendera pusaka dan teks proklamasi akan kembali dibawa ke Monas melalui acara kirab.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat