androidvodic.com

VIDEO Momen Lagu Gemu Fa Mi Re hingga Ustoppable dari Taruna Akpol Sambut Peserta AMMTC ke-17 - News

News, LABUAN BAJO - Event ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) Ke-17 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) dibuka pada Minggu (20/8/2023).

Rangkaian kegiatan pembukaan dimulai dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyambut para delegasi negara ASEAN dan sahabat yang tergabung dalam event tersebut.

Setelahnya, Kapolri dan para delegasi menuju ke halaman Hotel Meruorah, Labuan Bajo untuk menyaksikan kegiatan penyambutan dengan parade.

Taruna-Taruni Akademi Kepolisian (Akpol) membuka penyambutan tersebut dengan drumcorps Pelopor Cendrawasih yang dipimpin tiga dirigen.

Dengan perpaduan drum, terompet hingga marchingbell, para Taruna dan Taruni Akpol memainkan tiga lagu yang di antaranya Gemu Fa Mi Re hingga Ustoppable yang dipopulerkan penyanyi SIA.

Selain musik, atraksi juga dilakukan para Taruna-Taruni Akpol tersebut yang membuat Kapolri dan delegasi terpukau.

Aksi dilanjutkan dengan peragaan Kolone Senapan Akpol yang menampilkan atraksi memainkan senapan laras panjang yang disertai dengan gerakan baris berbaris yang apik dan serasi.

Kemudian, ada kirab budaya yang ditampilkan mulai dari tarian Caci oleh warga asal NTT.

Tari caci merupakan tarian perang sekaligus permainan rakyat yang ditampilkan penari laki-laki yang bertarung dengan cambuk dan perisai. 

Penampilan selanjutnya ialah karnaval yang diikuti warga dari anak-anak hingga pria dan wanita dewasa. 

10 Negara ASEAN
Untuk informasi, Event Asean Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17 akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada 19-23 Agustus 2023.

Event Internasional tersebut akan mempertemukan 10 negara ASEAN, 3 negara dialog hingga satu negara peninjau.

"Akan dilaksanakan kegiatan AMMTC yang terdiri dari 10 menteri ASEAN, Ketua AMMTC dan anggota delegasi, 10 Ketua AAMTC ASEAN, 3 negara mitra dialog dan satu negara peninjau," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan, Senin (7/8/2023).

Ramadhan menyebut dalam pertemuannya, negara-negara tersebut akan membahas soal kejahatan transnasional atau lintas negara di negara masing-masing anggota.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat