androidvodic.com

Bebas dari Perpeloncoan, OMB UMN 2023 Fokus Pengembangan Kualitas Diri Mahasiswa  - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

News, TANGERANG - Universitas Multimedia Nusantara (UMN) memastikan Orientasi Mahasiswa Baru (OMB) UMN 2023 bebas dari praktik perpeloncoan.

OMB UMN 2023 difokuskan untuk menanamkan nilai-nilai bermanfaat kepada peserta, serta membangkitkan semangat para peserta untuk berkembang dan meningkatkan potensi diri melalui berbagai rangkaian kegiatan.

OMB saya tegaskan bukan perpeloncoan, OMB bukan ospek! OMB telah saya kembalikan ke ranah yang benar, yaitu untuk mengenal kampus, mengenal program studi, mengenal kegiatan mahasiswa, dan mengembangkan atau mengaktualisasikan diri anda yang sejati

Baca juga: Biaya Kuliah UMN Jurusan Informatika, Teknik Elektro, Multimedia Journalism, D3 Perhotelan

Hal ini ditegaskan Rektor UMN, Ninok Leksono pada acara pembentukan hari pertama OMB UMN 2023, di Kampus UMN, Tangerang, Selasa (22/8/2023).

“OMB saya tegaskan bukan perpeloncoan, OMB bukan ospek! OMB telah saya kembalikan ke ranah yang benar, yaitu untuk mengenal kampus, mengenal program studi, mengenal kegiatan mahasiswa, dan mengembangkan atau mengaktualisasikan diri anda yang sejati,” kata Ninok.

Baca juga: Dukung Gerakan Sirkular Ekonomi, UMN Berkolaborasi dengan Plasticpay

Wakil Ketua OMB UMN 2023, Irene Zanetha mengatakan OMB UMN menekankan nilai-nilai unggul UMN, yakni ketangguhan, kolaborasi, keberanian, 5C UMN, dan juga SDGs no. 4 yakni quality education.

Oleh sebab itu, OMB UMN 2023 dipastikan sama sekali tidak mengusung perpeloncoan

"Jadi kami ingin menanamkan edukasi yang berkualitas terkait lingkungan kampus dan pengetahuan-pengetahuan lainnya," ujar Irene. 

Ada sekira 2.847 mahasiswa yang mengikuti OMB UMN 2023 di kampus UMN.

Mereka merupakan mahasiswa baru yang akan mengenyam pendidikan di fakultas ilmu komunikasi, fakultas seni dan desain, fakultas teknik dan informatika, fakultas bisnis, serta mahasiswa yang akan mengikuti pembelajaran jarak jauh ilmu komunikasi.

Untuk membangkitkan rasa semangat, peserta pun diajak berdinamika dalam Aktivitas Angkatan, dimana peserta diajak menulis surat yang berisikan kalimat motivasi untuk diri sendiri.

Peserta OMB UMN juga diperkenalkan ke berbagai lembaga dan unit kegiatan, agar dapat mengeksplorasi seluruh kegiatan yang ada di dunia perkuliahan.

Pada akhir kegiatan, peserta diarahkan mengikuti kegiatan Perkenalan Prodi untuk mengenal program studi yang ditempuh lebih dalam.

Baca juga: Skystar Ventures UMN Gali Potensi Siswa Sekolah Perkumpulan Mandiri Kembangkan Ide Inovasi Bisnis

Dengan kegiatan yang bebas dari perpeloncoan, Irene berharap UMN bisa menjadi contoh kampus dimana sebuah orientasi bisa dijalankan dengan baik untuk menghindari perpeloncoan

Wakil Ketua OMB UMN itu  juga berharap kampus-kampus di Indonesia lebih memahami kebutuhan teman-teman mahasiswa baru ini di masa orientasi mereka, ketimbang mengedepankan senioritas di kampus. 

"Kami berharap dunia perkuliahan menjadi ajang baru bagi teman-teman yang dulunya siswa sekarang menjadi mahasiswa untuk bisa lebih dewasa dan lebih siap dengan dunia selanjutnya," ujarnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat