androidvodic.com

Kementerian PUPR dan Bank BTN Adakan Akad Massal KPR pada Hapernas 2023 - News

News - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Bank Tabungan Negara (BTN) menggelar akad massal serentak kredit pemilikan rumah (KPR) dalam rangka peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas), Jumat (25/8/2023).

Akad massal serentak KPR BTN ini diselenggarakan di seluruh Kantor Cabang BTN se-Indonesia.

Diketahui, Hari Perumahan Nasional diperingati setiap 25 Agustus.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengungkapkan hal ini diharapkan mendorong masyarakat untuk memiliki rumah bersubsidi yang berkualitas dengan angsuran yang terjangkau.

"Melalui akad kredit ini kita dapat menyaksikan bahwa akses pembiayaan perumahan yang diupayakan oleh pemerintah dengan dukungan pemerintah daerah, pengembang dan perbankan, dapat terjangkau oleh masyarakat luas," kata Basuki dalam sambutan tertulisnya, Selasa (8/8/2023), dikutip dari laman PUPR.

Ilustrasi Perumahan
Ilustrasi Perumahan (ISTIMEWA)

Baca juga: Tema Hari Perumahan Nasional 2023, Beserta Sejarah Singkatnya

Basuki Hadimuljono juga menyampaikan aspirasi kepada Bank BTN yang telah menyelenggarakan cara Akad Massal Serentak KPR Bank BTN yang dipusatkan di Perumahan Puri Delta Tigaraksa, Jalan Terusan Stasiun Tigaraksa Nomor 1, Kabupaten Tangerang, Banten.

Dalam RPJMN 2020-2024, pemerintah menargetkan peningkatan akses rumah layak huni dari 56-79 persen pada tahun 2024.

"Selama sembilan tahun terakhir ini mulai 2015 hingga 2023, kita telah melakukan percepatan pembangunan infrastruktur di berbagai sektor secara besar besaran, termasuk diantaranya pembangunan perumahan bagi seluruh masyarakat melalui Program Sejuta Rumah,"

"Pada periode tahun 2015 - 2022, angka capaian PSR cukup memuaskan, yaitu mencapai 7,98 juta unit, sedangkan capaian tahun 2023 hingga bulan Juli sebanyak 480.438 unit," tambahnya.

Kementerian PUPR juga terus berupaya meningkatkan rumah layak huni melalui pembangunan Rumah Susun, Rumah Khusus, Rumah Swadaya, serta mendukung penyediaan hunian bagi ASN, TNI dan POLRI di Ibu Kota Nusantara.

Ada juga juga memberikan dukungan fasilitasi pembiayaan perumahan melalui program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP), Subsidi Bantuan Uang Muka, dan lainnya.

Direktur Utama PT BTN, Nixon LP Napitupulu juga menjelaskan bahwa dalam Akad Kredit Serentak KPR BTN ini setidaknya terdapat akad masal sekitar 10 ribu nasabah yang dilakukan di Kantor Bank BTN se-Indonesia.

"Kami siap mensukseskan Hapernas 2023 dan pada hari ini ada 10 ribu akad kredit rumah BTN. Untuk di Tangerang ini sebanyak 201 akad kredit akan ditanda tangani nasabah BTN," tambah Nixon LP.

Baca juga: Sejarah Hari Perumahan Nasional 2023, dari Cita-cita Bung Hatta untuk Menyediakan Rumah Layak Huni

Tema Hari Perumahan Nasional 2023

Peringatan Hari Perumahan Nasional 2023 ini mengusung tema 'Melanjutkan Kolaborasi Wujudkan Hunian Layak, Berkelanjutan dan Terjangkau Untuk Semua'.

Tema ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kerjasama antara yang memiliki kepentingan dan pihak yang terlibat dalam menyediakan perumahan yang layak huni bagi masyarakat.

Sebagai informasi, peringatan Hari Perumahan Nasional atau Hapernas ini bermula dari Kongres Perumahan Rakyat Sehat pada tanggal 25-30 Agustus 1950, yang dibuka oleh Mohammad Hatta atau Bung Hatta.

Kemudian lahirnya peringatan Hari Perumahan nasional ini Keputusan Menteri Negara Perumahan Nasional No: 46/KPTS/M/2008 tentang Hari Perumahan Nasional, pada 6 Agustus 2008.

(News/Pondra)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat