androidvodic.com

Profil Komjen Pol Agus Andrianto, Wakapolri yang Ditunjuk Erick Thohir Jadi Wakil Komut PT Pindad - News

News - Berikut ini profil Komjen Pol Agus Andrianto, Wakapolri yang kini menjabat sebagai Wakil Komisaris Utama (Komut) PT Pindad.

Komjen Agus Andrianto ditunjuk oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Penunjukkan Komjen Agus sebagai Wakil Komut PT Pindad ditandai dengan penyerahan Salinan Surat Keputusan Menteri BUMN dan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Perseroan (Persero) PT Len Industri Selaku Para Pemegang Saham PT Pindad pada Senin (28/8/2023).

Diketahui Perseroan memberhentikan dengan hormat Komjen. Pol. (Purn.) Gatot Eddy Pramono sebagai Wakil Komisaris Utama dan mengangkat Wakil Komisaris Utama PT Pindad yang baru, Komjen. Pol. Agus Andrianto.

Lantas berikut ini profil serta sepak terjang Komjen Pol Agus Andrianto:

Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto saat menggelar konferensi pers pengungkapan kasus peredaran narkoba di Lobby Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/6/2023). Polisi berhasil mengungkapkan peredaran 428 kg Sabu dan 162.932 butir ekstasi dengan menghadirkan 12 tersangka yang terdiri dari jaringan peredaran narkoba Aceh, Riau dan Bali. Tribunnews/Jeprima
Kabareskrim Komjen Pol Agus Andrianto saat menggelar konferensi pers pengungkapan kasus peredaran narkoba di Lobby Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (30/6/2023). Polisi berhasil mengungkapkan peredaran 428 kg Sabu dan 162.932 butir ekstasi dengan menghadirkan 12 tersangka yang terdiri dari jaringan peredaran narkoba Aceh, Riau dan Bali. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Baca juga: Erick Thohir Tunjuk Wakapolri Komjen Agus Andrianto Jadi Wakil Komisaris Utama PT Pindad

Komjen Pol Agus Andrianto adalah seorang perwira tinggi Polri yang sejak 3 Juli 2023 menjabat sebagai Wakapolri.

Pria kelahiran Blora, Jawa Tengah pada 16 Februari 1967 ini merupakan lulusan Akpol 1989, dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Agus sebelum menjadi Wakapolri, dirinya pernah menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal Polri (Kabareskrim), mengutip TribunnewsWiki.com.

Diketahui Komjen Agus Andrianto masuk menjadi tim khusus yang dibentuk Kapolri untuk mengusut tewasnya Brigadir J di rumah dinas Ferdy Sambo.

Ia menjadi bagian perwira tinggi Polri yang ikut langsung turun tangan mengusut kasus yang menggemparkan publik pada Agustus 2022 lalu. 

Komjen Agus juga pernah menangani kasus penistaan agama oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Saat menangani kasus Ahok, Agus menjabat sebagai Dirtipidum Bareskrim pada tahun 2016.

Sementara sebelum menjabat sebagai Bareskrim, jenderal bintang tiga, Komjen Agus pernah menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Ia sebelumnya juga sempat menjadi kandidat calon Kapolri untuk menggantikan Jenderal Idham Azis, mengutip ntmcpolri.info.

Kabareskrim Komjen Agus Andrianto memberikan keterangan terkait kematian Brigadir J, Selasa (9/8/2022). Agus menyatakan telah menetapkan empat tersangka termasuk Irjen Ferdy Sambo.
Komjen Agus Andrianto saat menjadi Kabareskrim, memberikan keterangan terkait kematian Brigadir J, Selasa (9/8/2022). Agus menyatakan telah menetapkan empat tersangka termasuk Irjen Ferdy Sambo. (KompasTV)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat