androidvodic.com

Kepiting Andaliman hingga Nasi Rawon Jadi Sajian di Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Gala Dinner pimpinan negara ASEAN dan negara mitra pada Rabu (6/9/2023) malam meninggalkan momen menarik, salah satunya soal menu makanan yang disajikan di Huta Kota Senayan, Jakarta, tersebut.

Melalui keterangan KTT ASEAN, dikutip Kamis (7/9/2023) Chef Arnold Purnomo menjadi chef yang dipercayai menyajikan makan malam kepada para tamu negara, sama seperti saat gala dinner KTT ke-42 ASEAN di Labuan Bajo.

Arnold menjelaskan bahwa menu bagi para kepala negara ASEAN dan tamu itu bertemakan "Nusantara The Forest" yang meramu berbagai jenis masakan dari sejumlah wilayah di Indonesia.

Menu pembuka (appetizer) bagi tamu-tamu VVIP (kepala negara dan pemimpin organisasi internasional) adalah Kepiting Andaliman dari Sumatra Utara.

Kepiting itu disulap menjadi mud crab salad (salad kepiting) yang dilengkapi dengan buah semangka, andaliman pepper aioli (saus aioli andaliman), pumpkin seeds (kuaci), dan baby spinach (bayam).

Para tamu VIP disajikan ASEAN Assiette (piring ASEAN) berupa chicken mushroom terrine (ayam jamur dimasak terrine-seperti kornet), bebek betutu tart (tarbebek betutu), beef curry puff (kari sapi), dan seafood roulade (seafood gulung).

Kemudian, hidangan utama (main course) bagi tamu VVIP yakni daging kecap dari Jawa, terdiri dari soy glazed Lampung wagyu cheek (daging pipi sapi masak kecap Lampung), kenikir chimichurri (saus kenikir), kentang, dan kubis brussel.

Menu utama untuk VIP juga tak jauh berbeda, yakni nasi campur Nusantara dari Sumatra Barat dan rawon dari Jawa Timur.

Sajiannya terdiri dari nasi kemangi, braised beef short rib (iga sapi) dengan kuah rawon, acar timun, sosis ayam, dan sambal ayam pop.

Untuk menu penutup, Chef Arnold dan tim menyajikan Nusantara Urban Forest (IKN) terdiri dari cokelat, spiced banana (pisang berbumbu), jasmine apple (apel melati), dan matcha moss (saus teh hijau).

Sementara untuk peserta gala dinner yang memilih menu vegetarian, disajikan menu pembuka (appetizer) berupa salad semangka dari Sumatra Utara terdiri dari keju ricotta, kuaci, saus mustard, dan daun kale.

Menu ini khusus bagi tamu-tamu VVIP.

Menu penutupnya sama seperti yang non-vegetarian.

Sedangkan para tamu VIP yang disiapkan lewat menu vegetarian di antaranya rujak buah Jawa berisi compressed mango (manisan mangga), pickled young papaya (acar pepaya muda), pomelo (jeruk bali), pomegranate (delima), lime gel (agar-agar lemon), tapioca crackers (opak).

Diketahui, KTT ASEAN 2023 dihadiri 22 negara, yakni 11 negara ASEAN, yakni Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste.

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang di antaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS).

Dengan tambahan dua negara lagi yakni, Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cook Islands sebagai Ketua Pacific Island Forum (PIF).

Indonesia juga mengundang organisasi internasional persatuan bangsa-bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), World Economic Forum, IORA, dan PIF.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat