androidvodic.com

Prabowo Sebut Jeep Maung Buatan RI Siap Diproduksi Massal pada Oktober 2023 - News

Laporan Wartawan News, Igman Ibrahim

News, JAKARTA - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto mengatakan kendaraan Jeep pertama buatan Indonesia bernama 'Maung' bakal siap diproduksi massal. Nantinya, kendaraan itu bakal siap diproduksi massal pada Oktober 2023.

Prabowo mengatakan produksi massal Jeep Maung ini berdasarkan instruksi dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadikan prioritas produksi dalam negeri.

Baca juga: Prabowo Cerita Awal Mula Produksi Jeep Buatan Indonesia, Nama Maung Diberikan Langsung oleh Jokowi

"Jeep buatan tangan anak Indonesia dan diberi nama Maung dan Oktober ini mulai produksi massal," kata Prabowo saat menjadi pembicara dalam dialog kebangsaan dan syukuran HUT ke-45 Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan dan Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) di Lagoon Hotel Sultan, Jakarta, Selasa (12/9/2023). 

Ia menyatakan produksi massal jeep Maung dibuat oleh Indonesia sendiri. Hingga kini, pihaknya juga telah mengeluarkan prototipe agar menjadi standar jeep untuk TNI.

"Alhamdulillah keluar prototipe-prototipe yang sudah kita uji coba di angkatan darat yang menurut kita memenuhi persyaratan dan ini akan menjadi standart jeep untuk TNI," tandasnya.

Baca juga: Prabowo Dorong Pengembangan Brand Lokal dari Parfum hingga Jeep: Berdiri di Atas Kaki Sendiri


Cerita Prabowo Soal Awal Mula Produksi Maung

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menceritakan awal mula produksi kendaraan jeep buatan Indonesia. Lalu, Jeep itu pun dinamakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai 'maung'.

Prabowo bercerita pembuatan jeep Maung tersebut bermula dari kegelisahannya lantaran Indonesia tidak memiliki brand mobil buatan asli Indonesia. Padahal, Indonesia membeli satu juta mobil setiap tahunnya.

"Kota belum punya brand mobil buatan Indonesia. Padahal kita beli satu juta mobil tiap tahun, satu juta mobil tiap tahun," kata Prabowo dalam Seminar Ekonomi Universitas Kebangsaan Republik Indonesia di Balroom Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (15/8/2024). 

Secara teori, Prabowo mengakui produksi massal mobil buatan Indonesia dinilai akan sulit. Sebab, produksi mobil Indonesia berkisar 60.000 USD per satu unit, sedangkan  negara lain bisa memakai anggara 12.000 USD per unit.

Baca juga: Prabowo Cerita Awal Mula Produksi Jeep Buatan Indonesia, Nama Maung Diberikan Langsung oleh Jokowi

"Karena mereka sudah punya industri, mesin industri dan sebagainya. Sekarang keputusan kita, sebagai pengambil keputusan, apakah kita akan serahkan pasar Indonesia kepada semua produk asing, atau kita ambil kebijakan," jelasnya.

"Kalau menurut saya, kalau perlu sekarang kita produksi lebih mahal tapi buatan Indonesia, di desain oleh anak Indonesia, pabriknya di Indonesia pekerjaannya di Indonesia," sambungnya.

Itulah kenapa, kata Prabowo, Ia pun mengagas produksi jeep buatan Indonesia. Kendaraan taktis itu pun sudah diujicobakan Eks Gubernur DKI Jakarta itu.

Bahkan, Prabowo bilang nama jeep buatan RI itu diberikan oleh Presiden Jokowi secara langsung. Bagi Jokowi, nama Maung merupakan nama yang tepat untuk kendaraan buatan Indonesia.

"Kita produksi jeep buatan Indonesia. Beliau (Jokowi) yang beri nama Maung, saya kasih nama 5 nama ke beliau ada nama kudanya Pangeran Diponegoro, Gentayung. Dia bilang, Menhan kalau beri nama branding yg biasa aja. Sederhana saja, lebih singkat tapi kuat. Siapa? Akhirnya maung. Singkat," tandasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat