androidvodic.com

Wali Kota Tangsel dan Kemendagri Buka Rakernas Pengelolaan Keuangan Daerah 2023 - News

News, JAKARTA - Dirjen Bina Keuangan Daerah (Keuda) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Agus Fatoni didampingi Wali Kota Benyamin Davnie membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pengelolaan Keuangan Daerah Tahun 2023 di Swiss-Belhotel, Serpong, pada Kamis (21/9/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Benyamin memaparkan berbagai program unggulan dari pemerintah Kota Tangerang Selatan, mulai dari sisi capaian hingga terobosan inovasi bentuk pelayanan masyarakat.

"Sebagai kota baru, Tangsel memiliki Indeks Pembangunan Manusia yang tertinggi se-Banten. Lalu, di tahun 2022 penurunan angka stunting yang luar biasa dari sebelumnya 19,9 persen menjadi 9 persen," kata Benyamin.

Tak berhenti di situ, raihan kota layak anak, penurunan angka pengangguran hingga penurunan angka kemiskinan di Tangerang Selatan, disampaikan secara jelas dan mendapatkan apresiasi dari para peserta.

"Tangsel juga meraih WTP sebanyak 11 kali, lalu tingkat pendapatan asli daerah kita juga meningkat," ujarnya.

Dimana target tahun 2023, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Tangsel sebesar Rp1,9 triliun. Sedangkan tahun lalu ada di angka Rp1,7 triliun.

"Jadi kalo total pendapatan Tangerang Selatan, baik itu dari PAD dan dana perimbangan untuk tahun 2023 ini sebesar 3,7 triliun rupiah," paparnya.

Sementara itu, apresiasi datang dari Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Agus Fatoni. Ia menyebutkan Tangerang Selatan sebagai kota yang kemajuannya terbilang pesat.

"Kita semua wajib mengucapkan terima kasih kepada Pak Wali Kota dan seluruh jajaran, yang menyelenggarakan kegiatan hari ini. Kegiatan hari ini sepenuhnya dibiayai oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan," kata Fatoni.

Oleh karenanya, ada keuntungan pula yang didapat oleh Kota Tangerang Selatan. Menurutnya hal ini dapat dicontoh oleh daerah lain, untuk melaksanakan kegiatan yang dampaknya berskala nasional.

Baca juga: Dirjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri Dorong Camat hingga Lurah Percepat Realiasi APBD

"Bisa dibayangkan ada 1.200 lebih peserta yang hadir, bisa dibayangkan itu berapa banyak uang yang masuk di PAD nya Tangerang Selatan," ucapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat