androidvodic.com

Nasabah Bunuh Diri Gegara Terlilit Utang, Polisi: Debt Collector yang Salah Bukan Aplikasi Pinjol - News

News, JAKARTA - Kepolisian angkat bicara soal kasus nasabah aplikasi pinjaman online yang bunuh diri, akibat terlilit utang hingga mendapat ancaman dari DC, lalu viral di medsos.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan," Terkait dengan praktik-praktik ancaman, kekerasan ITE jadi pinjolnya tidak salah, selama dia mempunyai legal standing dari operasional yang dilakukan," katanya Jumat (22/9/2023).

Menurut Ade Safri, debt collector yang melakukan teror kepada nasabah melanggar hukum.

Ia mengatakan, polisi bakal menindak tegas debt collector (DC) aplikasi pinjaman online yang meneror nasabah.

"Yang menjadi masalah adalah ketika kemudian dalam operasionalnya menggunakan debt collector yang melawan hak, melakukan pengancaman terhadap debiturnya. Ini yang tak diperbolehkan, melanggar hukum," sambungnya.

Secara tegas, Ade Safri mengatakan pihaknya tak segan untuk menjerat DC.

"Kami secara tegas mengatakan bahwa segala bentuk tindak pidana yang terjadi pasti akan kami lakukan penegakan hukum," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang nasabah memutuskan bunuh diri karena tertekan atas teror salah satu aplikasi pinjaman online (pinjol) viral di media sosial.

Debt collector aplikasi pinjol yang diketahui bernama AdaKami bahkan sampai melakukan pengancaman.

Unggahan tersebut ramai di media sosial X atau Twitter dengan nama akun @rakyatvspinjol.

"TWITTER X PLEASE DO YOUR MAGIC, Aku mau cerita tentang korban kebrutalan terror DC (Debt Collector) pinjol legal Adakami yang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri ya," tulis akun itu, dikutip Wartakotalive.com, Rabu (20/9/2023).

Dalam unggahan itu, akun @rakyatvspinjol juga menyertakan tangkapan layar dari Instagram di mana ada sebuah akun yang menandai akun Polda Metro Jaya.

"@poldametrojaya keluarga saya bunuh diri, karena tidak mampu membayar di AdaKami. Teror dan cacian hingga menjurus ke pemecatan dari pekerjaan membuatnya makin terpuruk," demikian tulisan sebuah akun.

"Peristiwa bunuh diri karena pinjol memang tidak di-UP karena keluarga besar pun malu membuka aib almarhum. Tapi ini benar-benar serius. Kalau sudah banyak yang speak up tentang kelakuan DC AdaKami di sosial media dll, kenapa gak diungkap aja. Toh, owner apk (aplikasi) ini jelas ada di Indonesia," sambungnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat