androidvodic.com

Naik Tank Amfibi Marinir, Jokowi Periksa Pasukan Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI di Monas - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Presiden Jokowi didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menaiki tank amfibi Marinir saat melakukan pemeriksaan pasukan Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI Tahun 2023, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Di atas tank BMP-3F tersebut, Presiden dan Panglima TNI melakukan pemeriksaan terhadap barisan pasukan.

Dalam upacara tersebut, presiden bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Perwira tinggi yang bertugas selaku Komandan Upacara yakni Pangdiv-3/Kostrad Mayjen TNI Choirul Anam.

Presiden Joko Widodo didampingi vvv
Presiden Joko Widodo didampingi Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menaiki tank amfibi Marinir saat melakukan pemeriksaan pasukan Upacara Parade dan Defile HUT Ke-78 TNI Tahun 2023, di Silang Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/10/2023).

Sedangkan perwira pengucap Sapta Marga dari tiga Matra TNI yaitu Kolonel Inf Sigid Hengki Purwanto (Danbrigif Mek 16/WY), didampingi Kolonel Laut (P) Sandy Kurniawan (Danlanal Palembang), Kolonel Pas Dili Setiawan (Asren Kopasgat).

Sementara untuk perwakilan penerima tanda kehormatan di antaranya Mayjen TNI Legowo WR Jatmiko, (Pangdam XIII/MDK), Mayjen TNI (Mar) Markos, (Aspotmar KSAL) dan Marsda TNI Andi Kustoro, (Pangkoopsud II).

Rencananya  kegiatan yang masih akan berlangsung hingga malam hari tersebut bakal dimeriahkan atraksi dari pesawat-pesawat tempur TNI AU, drumband gabungan Taruna Akademi TNI, Kolone Senapan Kolosal, tayangan peran tempur KRI Koarmada II, pembagian sembako di kawasan Mona dan Bundaran Hotel Indonesia (HI), serta pameran alutsista di bundaran HI.

Baca juga: Bergandengan Tangan, Mega dan Puan Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI di Monas

Upacara Parade dan Defile HUT ke-78 TNI sendiri bakal melibatkan 4.630 personel dan 130 alutsista.

Sebanyak 91 pesawat dari matra darat, laut, dan udara juga dilibatkan dalam demo udara.

Rencananya sebanyak 55 ribu sembako di seluruh Indonesia dan 5 ribu di antaranya akan dibagikan di sekitar Monas.

Selain itu, pada siang hingga malam hari juga bakal dimeriahkan penampilan band dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Rencananya, sejumlah musisi ternama di antaranya Doel Sumbang dan Slank juga akan memeriahkan acara tersebut pada malam hari.

Rangkaian kegiatan HUT Ke-78 TNI telah dimulai sejak 10 hari sebelumnya hingga satu hari setelah ini.

Sejak 24 September 2023 berbagai Bakti Kesehatan meliputi operasi katarak, sunatan massal dan donor darah, Panglima TNI Run, Matra Fair dari TNI AD, AL dan AU serta pembagian sembako kepada masyarakat bakal digelar.

Kegiatan tersebut antara lain, seminar nasional, lomba lari, pementasan wayang, bazar, pameran alutsista, ziarah ke Makam Pahlawan, serta gala diner.

Selain itu, satuan-satuan TNI di seluruh Indonesia juga turut memeriahkan peringatan HUT ke-78 TNI di antaranya dengan menggelar bakti sosial dan donor darah.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat