androidvodic.com

Jokowi Paparkan Tantangan Global Presiden Mendatang, Ingatkan Perang Ukraina-Rusia Belum Selesai - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjelaskan sejumlah tantangan yang akan dihadapi pemimpin Indonesia ke depan. Hal itu dia sampaikan dalam acara pembukaan Rakernas VI Projo di Indonesia Arena GBK, Senayan, Jakarta.

Menurutnya, dengan situasi global dam nasional saat ini, tantangan presiden berikutnya akan lebih sulit.

"Krisis pangan belum selesai, perang Rusia-Ukraina belum selesai, ditambah lagi perang Palestina-Israel. Jangan dipikir perang seperti itu tidak mempengaruhi kita, sangat mempengaruhi," kata Jokowi, Sabtu (14/10/2023).

Baca juga: Soal Capres Dukungannya, Jokowi ke Relawan Projo: Sabar Dulu, Nanti Tiba Waktunya

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan perang Palestina-Israel akan menyebabkan krisis energi di Indonesia sehingga harga bahan bakar minyak diprediksi akan makin meningkat.

"Itu artinya, bensin, pertamax, pertalite (harga naik). Saya tidak ingin menakut-nakuti tetapi bisa kejadian karena kalau perang tidak selesai, pasti harga BBM global akan naik," ujar Jokowi.

Jokowi menilai perubahan iklim juga menjadi PR besar bagi pemimpin selanjutnya. Sebab, fenomena El Nini mempengaruhi produksi pangan.

 "Saya ingatkan petaninya senang tapi pembelinya, yang bukan petani, harganya naik, tidak senang," ucap Jokowi.

Baca juga: Jokowi Cerita Repotnya Jika Diundang Relawan: Kalau Tak Datang, Nanti Dibilang Sudah Lupa

"Pemimpin harus bisa menjaga keseimbangan ini. Bagaimana di sini senang di sana juga senang," tandas dia.

Sebelumnya, Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) hadiri Rakernas ke-VI Relawan Pro Jokowi (Projo) di Indonesia Arena, Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Sabtu (14/10/2023).

Pantauan News di lokasi Presiden Jokowi hadir sekitar 14.15 WIB. Setibanya di lokasi Presiden Jokowi nampak menyalami sejumlah elit partai politik.

Elite parpol tersebut yakni Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum PBB Yusril, Ketua Umum Gelora Anis Matta, serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Selain itu Presiden Jokowi juga menyalami Sufmi Dasco, Ahmad Muzani, Lodewijk Freidrich Paulus, Fahri Hamzah, Agus Gumiwang, Ahmed Zaki, Iwan Bule, Sri Mulyono hingga Eko Patrio.

Setelah itu terlihat Presiden Jokowi duduk di samping Ketua Umum Projo Budi Arie dan Ketua Panitia Rakernas sekaligus Ketua Bapilpres DPP Projo, Panel Barus.

Kemudian terlihat presiden Jokowi setelah duduk dan menyaksikan tarian. Lalu bergegas keluar vanue tanpa diketahui maksud dan tujuannya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat