androidvodic.com

NasDem Diduga Terima Aliran Dana dari Eks Mentan SYL, Pakar: Harusnya Bisa Diperiksa, Ada Sistemnya - News

News - Pakar Hukum Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) Yenti Garnasih memberikan komentar terkait dugaan adanya aliran dana korupsi yang mengalir ke Partai NasDem.

Sebelumnya, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut ditemukan aliran dana dari eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL), ke Partai Nasdem

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata, mengatakan uang tersebut ditujukan untuk kepentingan Partai Nasdem dengan nilai miliaran rupiah, Jumat (13/10/2023).

Menurut Yenti, mengenai dugaan aliran dana tersebut, perlu dilihat terlebih dahulu motif pemberian uang yang dilakukan oleh eks Mentan itu.

Baca juga: Jaga Profesionalitas, Bareskrim Asistensi Kasus Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK ke eks Mentan SYL

"Nanti kalau itu memang ke partai, dia sebagai kader partai, memang niat memberikan itu ke sana supaya nanti tetap jadi kadernya atau memang ada policy (kebijakan) dari partainya. Itu kan harus dilihat juga," tutur Yenti dikutip dari YouTube Kompas TV.

Yenti kemudian menjelaskan, pendanaan partai itu memiliki aturan dan mekanisme sehingga terkait aliran itu seharusnya bisa diselidiki.

"Harusnya bisa, karena pendanaan partai itu ada aturannya, ini juga apalagi sebentar lagi pilkada, pilpres, pileg. Itu ada sumbangan-sumbangan yang boleh dilakukan, dari pribadi Rp1 miliar, dari korporat Rp7 miliar, itu KPU kan harus mulai siap-siap itu," tuturnya.

Di sisi lain, pihak partai yang menerima aliran dana bisa jadi tak mengetahui uang yang diterima merupakan hasil korupsi.

Pertanyaannya, apakah pihak yang menerima bisa dijatuhi pidana apabila tak mengetahui apabila uang itu ternyata dari hasil korupsi?

Eks Menteri Pertahanan Syahrul Yasin Limpo bersama Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dihadirkan pada konferensi pers di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023). KPK resmi menahan eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo seusai diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). SYL ditahan di rutan KPK selama 20 hari ke depan. Selain SYL, KPK menahan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta. Tribunnews/Jeprima
Eks Menteri Pertahanan Syahrul Yasin Limpo bersama Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta dihadirkan pada konferensi pers di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023). KPK resmi menahan eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo seusai diperiksa sebagai tersangka kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan). SYL ditahan di rutan KPK selama 20 hari ke depan. Selain SYL, KPK menahan Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan Muhammad Hatta. Tribunnews/Jeprima (Tribunnews/JEPRIMA)

Mengenai hal tersebut, Yenti memberikan penjelasan soal Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) pasif. Artinya ada unsur subjektif yang harus dibuktikan.

Pihak yang menerima harusnya patut menduga, tak harus tahu secara pasti bahwa itu uang hasil korupsi.

Jika uang yang diberikan terlihat mencurigakan, misalnya, nominalnya begitu tinggi seharusnya sudah membuat curiga.

Namun, ketika pihak yang bersangkutan tetap menerima uang tersebut meski uang itu mencurigakan, ia bisa kena pidana apabila terbukti bahwa dana tersebut adalah hasil korupsi.

KPK Akan Terus Menelusuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat