androidvodic.com

Gelar Pertemuan Ilmiah dan Mukernas, PDUI Siap Jadi Pilar Utama Rumah Besar Dokter Indonesia - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Perhimpunan Dokter Umum Indonesia (PDUI) menggelar pertemuan ilmiah tahunan (PIT) dan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke XIII di Hotel Sheraton, Gandaria City, Jakarta Selatan selam 3 hari pada 20-22 Oktober 2023.

Ketua Panitia dr Widya Murni MARS mengatakana peserta pertemuan ilmiah kurang lebih sekitar 1000 orang dokter dari seluruh Indonesia.

"Pelaksanaan PIT kali ini kami lebih menitikberatkan materi-materi yang dibutuhkan oleh dokter umum sehingga ini menjadi bekal untuk berpraktik di fasyankes tingkat pertama," kata Widya dalam siaran persnya kepada wartawan, Selasa (24/10/2023)

Selain pertemuan ilmiah, Widya mengatakan digelar juga Musyawarah Kerja Nasional yang dihadiri oleh 34 Ketua PDUI Cabang dari seluruh Indonesia.

"Mukernas ini membahas terkait Draft Rekomendasi Program Kerja, sebagaimana yang diamanahkan Kongres Nasional IV PDUI," ujar Presidium PP PDUI dr Imelda Datau, MM SAg selaku Presidium.

Baca juga: Bahaya EG dan DEG Mengancam, PDUI Ajak Masyarakat Bijak Pilih Kemasan Pangan Yang Aman

Imelda menyebut Mukernas juga mempersiapkan rekomendasi dalam kegiatan RAKERNAS III IDI di Kendari tentang reorganisasi IDI yang dititikberatkan pada pengembangan teknologi digital.

Selain usul internal, Imelda mengatakan dorum Mukernas juga diusulkan dua rekomendasi ekternal yang sifatnya lebih kepada publik.

"Pertama yaitu mendorong semua pemangku kepentingan agar Pemilu 2024 terlaksana secara langsung, umum, bebas, jujur dan adil. Yang kedua mengutuk keras pelakuan zionis Israel tehadap bangsa dan negara Palestina, dan meminta pemerintah Republik Indonesia dapat memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga Palestina dan tenaga dokter serta tenaga kesehatan Indonesia di Gaza sesuai hukum humaniter," kata Imelda.

Baca juga: Buka Kongres Nasional PDUI, Ketua MPR RI Bamsoet Dorong Peningkatan Kompetensi Dokter

Di kesempatan yang yang sama, dr Alwia Assegaf selaku Presidium PP PDUI juga menyampaikan bahwa para peserta Mukernas sangat antusias mengikuti kegiatan ini.

"Teman-teman dokter umum dikarenakan beberapa materi yang dimasukkan dalam kegiatan PIT ini sangat dibutuhkan kepada teman- teman sejawat ketika berpraktek, misalnya "how to be a good doctor", kalau lihat sepintas ini merupakan materi sederhana tetapi memiliki dampak yang luar biasa bagi teman-teman sejawat di dunia kerja," kata Alwia.

Adapun Koordinator Presidium PP PDUI dr Nurhadji Abdulah Kastari menilai perlu adanya kolaborasi yang baik antara PDUI dan Lemhannas RI dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan.

"Dan lebih pentingnya adalah sinergitas ini dapat meningkatkan ketahanan nasional di bidang kesehatan," kata dia.

Selain itu, Nurhadji mengatakan bahwa jumlah dokter umum saat ini sebanyak 190 ribu orang dari total 240 ribu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat