androidvodic.com

DPR: Ada Isu Letjen Maruli dan Letjen Suharyanto Jadi Kandidat Kuat KSAD Gantikan Agus Subiyanto - News

News - DPR menyebut ada isu kandidat kuat Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pengganti Jenderal Agus Subiyanto adalah Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Letjen Maruli Simanjuntak dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Letjen Suharyanto.

Hal ini disampaikan oleh anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono.

Kendati demikian, Dave mengatakan seluruh keputusan terkait pengganti Jenderal Agus Subiyanto sebagai KSAD diserahkan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Banyak isu yang beredar (Letjen Maruli dan Letjen Suharyanto jadi kandidat KSAD). Akan tetapi kita kembalikan ke Presiden untuk menentukan putusan soal itu," ujarnya ketika dihubungi News, Selasa (31/10/2023).

Sebelumnya, Ketua DPR RI, Puan Maharani sudah mengumumkan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Jokowi yaitu KSAD, Jenderal Agus Subiyanto.

Baca juga: Ketua DPR Umumkan Calon Tunggal Panglima TNI yang Diusulkan Jokowi adalah Jenderal Agus Subiyanto

Adapun hal tersebut berdasarkan surat presiden (surpres) yang sudah dikirimkan Jokowi ke DPR.

"Pada kesempatan ini saya akan umumkan nama calon pengganti dari panglima TNI Laksamana Yudo Margono. Nama yang diusulkan presiden adalah Jenderal TNI Agus Subiyanto SE, Msi yang saat ini menjabat sebagai KSAD," kata Puan dalam konferensi pers di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (31/10/2023).

Nantinya, kata Puan, DPR RI akan mulai memproses surpres penggantian calon panglima TNI tersebut sesuai aturan yang berlaku.

"Karenanya sesuai dengan mekanisme yang ada DPR akan memulai proses dari mekanisme di DPR untuk bisa menindaklanjuti surat usulan calon Panglima tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang ada di DPR," katanya.

Lebih lanjut, Puan mengharapkan bahwa proses pergantian calon panglime TNI itu bisa berjalan dengan lancar.

Dengan begitu tidak ada kekosongan panglima TNI dalam masa pergantian tersebut.

"Semoga proses ini bisa berjalan dengan lancar dan baik, sehingga penggantian atau panglima TNI yang akan datang bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kekosongan panglima TNI yang akan datang," pungkasnya.

Pengamat Sebut Jika Maruli Jadi KSAD, Bakal Ganggu Regenerasi AD

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI), Letjen TNI. Maruli Simanjuntak turut menyaksikan langsung perjuangan atlet Judo Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja, Selasa (16/5/2023).
Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI), Letjen TNI. Maruli Simanjuntak turut menyaksikan langsung perjuangan atlet Judo Indonesia pada SEA Games 2023 Kamboja, Selasa (16/5/2023). (News/majid)

Terpisah, pengamat militer dari Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi mengatakan pandangannya terkait pengganti Agus Subiyanto sebagai KSAD.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat