androidvodic.com

Kejaksaan Agung Periksa 4 Direktur BAKTI Kominfo Terkait Kasus Korupsi Tower BTS 4G - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Tim penyidik pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung memeriksa 11 saksi terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tower BTS 4G BAKTI Kominfo, Senin (30/10/2023).

Di antara saksi-saksi tersebut, terdapat 4 Direktur pada BAKTI Kominfo, yakni Direktur Infrastruktur, Direktur Keuangan, Direktur Layanan Telekomunikasi & Informasi untuk Masyarakat & Pemerintah, serta Direktur Layanan Telekomunikasi & Informasi untuk Badan Usaha.

"BN selaku Direktur Infrastruktur BAKTI, AJ selaku Direktur Keuangan BAKTI, DJI selaku Direktur Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Masyarakat & Pemerintah BAKTI, dan DAF selaku Direktur Layanan Telekomunikasi & Informasi untuk Badan Usaha BAKTI," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung, Ketut Sumedana dalam keterangannya.

Kemudian ada pula dua Kepala Divisi pada BAKTI Kominfo turut diperiksa pada hari yang sama, yakni: LH selaku Kepala Divisi Layanan Telekomunikasi dan Informasi untuk Pemerintah dan DA selaku Kadiv Hukum BAKTI/ Wakil Ketua POKJA Pengadaan Penyedia.

Selain itu, dari pihak BAKTI juga ada dua tenaga ahli pada management proyek yang diperiksa, berinisial M dan EK.

Tak hanya BAKTI, tim penyidik juga mememeriksa pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika, yakni auditor utama dan pejabat pengadaan.

"DS selaku Auditor Utama pada Inspektorat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika RI dan AFF selaku Pejabat Pengadaan," kata Ketut.

Terkait perkara ini, sudah ada enam orang yang duduk di kursi pesakitan: eks Menkominfo, Johnny G Plate; eks Dirut BAKTI Kominfo, Anang Achmad Latif; Tenaga Ahli HUDEV UI, Yohan Suryanto; Komisaris PT Solitech Media Sinergy, Irwan Hermawan; Direktur Utama PT Mora Telematika Indonesia, Galumbang Menak Simanjuntak; dan Account Director of Integrated Account Departement PT Huawei Tech Investment, Mukti Ali.

Tiga di antaranya, yakni Anang Latif, Galumbang Menak, dan Irwan Hermawan tak hanya dijerat korupsi, tapi juga tindak pidana pencucian uang (TPPU).

Kemudian ada dua orang yang perkaranya tak lama lagi dilimpahkan ke pengadilan, ialah Direktur Utama Basis Investments, Muhammad Yusrizki Muliawan dan Direktur PT Multimedia Berdikari Sejahtera, Windi Purnama.

Yusrizki dijerat pasal korupsi, sedangkan Windi Purnama TPPU.

Lalu seiring perkembangan proses persidangan, Kejaksaan menetapkan empat tersangka: Elvano Hatohorangan, Muhammad Feriandi Mirza, Jemmy Sutjiawan, dan Walbertus Natalius Wisang.

Keempatnya dijerat dugaan korupsi dalam kasus BTS ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat