androidvodic.com

Anwar Usman Ngaku Tak Terbebani Dicopot dari Posisi Ketua MK: Saya Yakin Ada Hikmah Besar - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Hakim Konstitusi Anwar Usman menegaskan putusan pemberhentian dirinya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) yang diputus Majelis Kehormatan MK, tak sedikitpun membebani dirinya secara pribadi.

"Pemberhentian saya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi tidak sedikitpun membebani diri saya," kata Anwar dalam konferensi pers di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Rabu (8/11/2023).

Baca juga: Dicopot dari Jabatan Ketua MK, Anwar Usman: Fitnah Keji Justru Datang kepada Saya

Anwar Usman kembali mengulang pernyataannya yang sebelumnya telah disampaikan, bahwa jabatan adalah milik Allah SWT.

Menurutnya tak ada selembar daun pun yang jatuh dari pohon ke tanah tanpa kehendak dari Yang Maha Kuasa.

"Saya berkeyakinan tidak ada selembar daun pun yang jatuh di muka bumi ini tanpa kehendak-Nya. Sejak awal saya sudah mengatakan bahwa jabatan itu adalah milik Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa," terang Anwar.

Baca juga: Respons soal Anwar Usman Dicopot dari Ketua MK: Ganjar Hormati Putusan MKMK, Mahfud MD Beri Pujian

Dirinya meyakini bahwa dibalik semua peristiwa yang terjadi pada dirinya, telah digariskan oleh Sang Maha Pencipta. Ia juga meyakini ada hikmah besar dibalik semuanya.

"Saya yakin dan percaya bahwa dibalik semua ini Insyaallah ada hikmah besar yang akan menjadi karunia bagi saya dan keluarga besar, sahabat," ungkap dia.

Sebagai informasi, Hakim Konstitusi Anwar Usman dicopot dari jabatannya sebagai Ketua MK.

Hal tersebut merupakan putusan dari Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) terkait laporan dugaan pelanggaran etik mengenai Putusan MK Nomor 90/PUU-XXI/2023.

"Hakim Terlapor terbukti melakukan pelanggaran berat terhadap Kode Etik dan Perilaku Hakim Konstitusi sebagaimana tertuang dalam Sapta Karsa Hutama, Prinsip Ketidakberpihakan, Prinsip Integritas, Prinsip Kecakapan dan Kesetaraan, Prinsip Independensi, dan Prinsip Kepantasan dan Kesopanan," ucap Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie, dalam sidang di gedung MK, Selasa (7/11/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat