androidvodic.com

Prakiraan Cuaca Hari Ini, Minggu 12 November 2023, BMKG: 14 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat dan Angin - News

News - Berikut peringatan dini cuaca hari ini di Indonesia pada Minggu, 12 November 2023.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mencatat data prakiraan cuaca hari ini dan sejumlah wilayah diperkirakan terjadi hujan lebat disertai angin.

Dari data BMKG diketahui prakiraan cuaca hari ini, terdapat 14 wilayah di Indonesia yang berpotensi terjadi hujan lebat disertai kilat dan angin kencang.

Menurut BMKG, hal itu terjadi karena bibit Sirkulasi siklonik terpantau di Teluk Thailand yang membentuk daerah konvergensi di Teluk Thailand.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di Aceh, dari Sumatera Barat hingga Kep. Riau, di Bengkulu, Jawa Barat, Kalimantan Utara dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Timur, di Sulawesi bagian tengah, dan di Papua.

Baca juga: BMKG: Potensi Gelombang Setinggi 2,5 Meter di Perairan Selatan Bali pada Hari Ini, 12 November 2023

Sedangkan daerah pertemuan angin (konfluensi) terpantau memanjang di Sulawesi bagian utara, Maluku Utara dan di Papua Barat.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah konvergensi atau konfluensi tersebut.

Simak daftar wilayah di Indonesia yang yang diperkirakan berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang dikutip dari web.meteo.bmkg.go.id:

Cuaca Hari Ini di Wilayah Indonesia

Minggu, 8 November 2023

  • Daftar wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang:

- Banten

- Jawa Barat

- Kalimantan Barat

- Kalimantan Tengah

- Kalimantan Utara

- Aceh

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat