androidvodic.com

OTT Pj Bupati Sorong soal Dugaan Pengkondisian Temuan BPK Anggaran Tahun 2023 Papua Barat Daya - News

News - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Pj Bupati Sorong, Yan Piet Mosso terkait dugaan korupsi pengkondisian Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu (PDTT) BPK untuk Papua Barat Daya Tahun Anggaran 2023.

Dalam OTT tersebut, KPK menangkap lima orang yang terdiri dari pejabat Kabupaten Sorong dan pemeriksa BPK perwakilan Papua Barat Daya

"(OTT) atas dugaan korupsi pengkondisian temuan dalam Pemeriksaan Dengan Tujuan Tertentu BPK untuk wilayah Provinsi Papua Barat Daya Tahun Anggaran 2023."

"Sejauh ini ada beberapa orang yang ditangkap tim KPK, diantaranya tiga pejabat Kabupaten Sorong dan dua orang pemeriksa BPK perwakilan Provinsi Papua Barat Daya," kata Kepala Pemberitaan KPK, Ali Fikri dalam keterangan tertulis, Senin (13/11/2023).

Ali mengatakan, hingga kini, pemeriksaan terhadap lima orang tersebut masih dilakukan.

"Masih dilakukan pemeriksaan tim KPK dan segera kami sampaikan perkembangannya.

Baca juga: Kena OTT KPK, Pj Bupati Sorong Sempat Viral Bikin Ultah Mewah, Harta Kekayaan Rp 49 Juta

Sebelumnya Ali mengatakan OTT dilakukan oleh KPK pada Senin (13/11/2023) dini hari terhadap Yan Piet Mosso dan sejumlah pejabat Kabupaten Sorong dan pemeriksa BPK.

"Benar tim KPK pada Minggu (12/11/2023) dini hari lakukan kegiatan tangkap tanga terhadap penyelenggara negara yang sedang melakukan korupsi di wilayah Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya," kata Ali dalam keterangan tertulis, Senin (13/11/2023).

Ali juga mengatakan OTT tidak hanya dilakukan terhadap Yan Piet Mosso, tetapi juga beberapa orang lain turut diamankan di dua wilayah yakni Kabupaten Sorong dan Kabupaten Manokwari.

Salah satunya adalah anggota BPK Papua Barat Daya

"Tim KPK sejauh ini mengamankan beberapa pihak di Sorong dan Manokwari di antaranya para pejabat Kabupaten Sorong dan pemeriksa BPK perwakilan Provinsi Papua Barat Daya," katanya.

Ali menyebut OTT dilakukan Senin dini hari sekira pukul 04.00 WIT di kediaman Yan Piet Mosso

3 Ruangan Disegel KPK

OTT KPK di Sorong cuuy
Kondisi 3 ruangan kantor BPKAD Kabupaten Sorong pasca OTT KPK terhadap Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso, Senin (13/11/2023).

Dikutip dari Tribun Sorong, KPK turut menyegel tiga ruangan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sorong.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat