androidvodic.com

BMKG Ingatkan Masyarakat Potensi Puncak Musim Hujan Terjadi Januari-Februari 2024 - News

Laporan News Rahmat W. Nugraha

News, JAKARTA - Kepala Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Wilayah II, Hartanto mengingatkan masyarakat bahwa puncak musim hujan terjadi Januari-Februari 2024 mendatang.

"Untuk kondisi cuaca di Indonesia sudah memasuki musim hujan untuk wilayah Jakarta. Dan sekitarnya kita perkirakan masuk musim penghujan di November dan akan mencapai puncaknya pada bulan Januari dan Februari," kata Hartarto ditemui di Danau Sunter Jakarta Utara, Kamis (16/11/2023).

Kemudian diungkapkannya bahwa kondisi tersebut perlu mendapatkan perhatian dari masyarakat untuk mengantisipasi bencana banjir.

"Masyarakat harus bisa, siap dan juga beberapa stakeholder terkait dengan potensi-potensi yang mungkin terjadi akibat puncak musim hujan ini," imbaunya.

Tak hanya itu, Hartarto juga imbau agar mewaspadai tumbangnya pohon besar pada musim hujan saat ini.

"Kita melihat bahwa potensi hujan deras di beberapa tempat sudah terjadi. Kita juga mengimbau agar pohon-pohon dirapihkan supaya tidak terjadi pohon tumbang," tegasnya.

Ia juga menegaskan potensi bencana sekarang adalah potensi amultihazard.

"Tidak hanya potensi bencana banjir saja tapi potensi bencana hujan deras, hujan lebat, petir, tanah longsor itu potensi akibat musim hujan," imbaunya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat