androidvodic.com

Jadi Polwan Terbaik PBB, Briptu Renita Singgung Kesetaraan Gender di Dunia Perpolisian - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Briptu Renita Rismayanti meraih penghargaan sebagai polisi wanita (polwan) terbaik dari Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Penghargaan diberikan berkat kinerjanya sebagai Petugas Database Kejahatan dengan Misi Stabilisasi Terintegrasi Multidimensi PBB di MINUSCA dengan meningkatkan keamanan bagi masyarakat di Republik Afrika Tengah.

Menurutnya penghargaan ini juga bisa menjadi bukti bahwa seluruh bidang di kepolisian dapat diisi oleh perempuan.

Sehingga bisa memotivasi rekan sesama polwannya untuk bisa berkontribusi bagi Polri.

"Saya berharap visibilitas yang datang dari memenangkan penghargaan ini akan memperkuat di antara perempuan dan anak perempuan bahwa semua bidang keahlian dalam kepolisian terbuka untuk kita," kata Renita dalam keterangan tertulis dikutip, Sabtu (18/11/2023).

Baca juga: 13 Pati Polri Naik Pangkat, Herimen Polisi yang Pernah Tembak John Kei Jadi Jenderal Bintang Dua

Tak lupa, Renita juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kadiv Hubinter Polri Irjen Krishna Murti atas dukungan yang diberikan sehingga mendapat penghargaan ini.

"Award ini tidak akan tercapai tanpa dukungan Kepala Kepolisian RI. Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolri yang telah mendukung saya dalam misi PBB ini," ungkapnya.

Wanita kelahiran Magelang 28 Oktober 1996 itu merupakan salah satu personel Divhubinter Polri yang mulai berdinas sejak tahun 2014.

Briptu Renita dikenal fasih berbahasa asing maupun bahasa daerah.

Pada Misi Stabilisasi Terpadu Multidimensi Perserikatan Bangsa-Bangsa di Republik Afrika Tengah (MINUSCA), Briptu Renita bertugas menyusun konsep dan mengembangkan basis data kriminal yang memungkinkan polisi PBB untuk memetakan dan menganalisa titik rawan kejahatan dan kekacauan.

Basis data kriminal itu kemudian akan membantu pasukan keamanan negara untuk merencanakan operasi dengan lebih baik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat