androidvodic.com

Nawawi Bakal Pimpin Rapat dengan Pimpinan dan Pejabat KPK Seusai Pelantikan di Istana - News

News, JAKARTA - Nawawi Pomolangi resmi mengucapkan sumpah menjadi Ketua sementara KPK di hadapan Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Seusai resmi menjabat, Nawawi akan mengumpulkan seluru pimpinan hingga jabatan struktural KPK.

"Seusai dari tempat ini saya akan kembali ke kantor dan meminta rekan-rekan pimpinan dan seluruh pejabat struktural eselon I dan eselon II untuk mengadakan rapat pimpinan," kata Nawawi kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/11/2023). Nawawi Pomolango mengaku diminta berhati-hati dalam menjalankan tugas oleh Jokowi.
Ketua Sementara KPK, Nawawi Pomolango setelah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Senin (27/11/2023). Nawawi Pomolango mengaku diminta berhati-hati dalam menjalankan tugas oleh Jokowi. (Tribunnews)

Eks hakim tersebut mengatakan pihaknya akan membahas sejumlah persoalan internal KPK

"Kita berbincang mengenai segala hal yang barang kali harus kita lakukan dan menjadi skala prioritas ke depan," ujarnya.

Soal pemberian bantuan hukum ke Firli, Nawawi belum memberikan jawaban. 

"Itu termasuk materi yang nanti akan kami bicarakan apakah yang bersangkutan perlu kita dampingi atau beri bantuan hukum," tandasnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan pengucapan sumpah jabatan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara Nawawi Pamolango untuk sisa masa jabatan 2019-2024.

Pengucapan sumpah jabatan digelar di Istana Negara, Jakarta pada Senin, (27/11/ 2023).

Pengangkatan Ketua KPK sementara ini berdasarkan pada Keputusan Presiden (Keppres) Republik Indonesia Nomor 116 P Tahun 2019 Tentang pemberhentian Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Sementara dan Pengangkatan Ketua Sementara Komisi Pemberantasan Korupsi Sisa Masa Jabatan 2019-2024.

Untuk diketahui Nawawi ditunjuk sebagai Ketua KPK Sementara untuk menggantikan Firli Bahuri yang telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Kepolisian dalam kasus dugaan pemerasan eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL). 

Jokowi telah menandatangani Keppres pemberhentian Firli dan pengangkatan Nawawi di Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma usai kunjungan kerja dari Kalimantan Barat, Jumat malam (24/11/2023).


Sekilas Tentang Nawawi Pomolango

Pomolango lahir di Manado, 28 Februari 1962.

Setelah lulus dari jurusan Hukum Pidana Universitas Pasundan, Nawawi Pomolango memulai kariernya dengan menjadi hakim di Pengadilan Negeri Soasio Tidore, Kabupate Halmahera Tengah pada 1992.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat