androidvodic.com

Lakukan misi kemanusiaan di perairan Gaza, Kapal Bantu RS milik TNI AL Segera Diberangkatkan - News

News - Kapal KRI dr. Radjiman Wedyodiningrat - 992, adalah kapal bantu rumah sakit milik TNI Angkatan Laut, yang akan segera diberangkatkan dan melakukan misi kemanusiaan di perairan Gaza, Palestina.

Truk Le Minerale terlihat di antara antrian puluhan truk bermuatan bantuan dari berbagai pihak di Dermaga Komando Armada (Koarmada) II TNI Angkatan Laut, Surabaya, Jawa Timur, Senin (27/11). Produk air mineral ini akan turut dikirimkan untuk membantu warga Palestina.

Baca juga: Profil KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992, Kapal Rumah Sakit Milik TNI, akan Dikirim ke Gaza

Profil KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992

KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 merupakan kapal rumah sakit yang teranyar yang dirilis tahun 2022. Namun, kapal ini secara resmi memperkuat TNI AL pada 20 Januari 2023.

Melansir dari Tribunsolo.com, sebelum dirilis, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 telah melalui berbagai rangkaian ujian kelayakan, di antaranya adalah Harbour Acceptance Test (HAT) dan Sea Acceptance Test (SAT).

Diketahui, kapal yang merupakan sisterhood KRI dr Wahidin Sudirohusodo 991 ini memiliki lebar, panjang, dan bobot seperti KRI dr Soeharso 990.

Dikutip dari Indonesia Baik, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 mampu membawa 163 anak buah kapal (ABK), pilot dan kru helikopter 18 orang, tamu VVIP satu orang, 158 pasien, 66 staf medis, dan 280 sukarelawan.

Kapal ini mampu melaju dengan kecepatan maksimal 18 knot dan bertahan selama 30 hari di lautan. Untuk kemampuan muatan, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 bisa memuat tiga unit helikopter sekaligus.

"Kapabilitas serta fasilitas (KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992) yang setara dengan rumah sakit tipe C Plus ini, memiliki kemampuan operasi yang sama dan ada fitur tambahan yang tidak dimiliki rumah sakit tipe C Plus umumnya, yakni adanya CT Scan, X-Ray, hingga ruang isolasi yang didukung dengan sistem ventilasi terpisah dan pengendali tekanan udara sehingga dapat mendukung dalam menangani wabah penyakit menular, serta evakuasi massal untuk mencegah penyebaran wabah lebih lanjut," beber CEO PT PAL, Kaharuddin Djenod, saat penyerahan KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 kepada Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Muhammad Ali, Kamis (19/1/2023), dikutip dari situs resmi PAL

Sementara itu, untuk fasilitas kesehatannya, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 mampu mengakomodir 12 jenis operasi. Kapal besutan PT PAL Indonesia (Persero) ini didukung dua unit ambulance boat, dua unit Landing Craft Vehicle Personel (LCVP), dan satu unit Rigid Hull Inflatable Boat (RHIB).

Selain itu, KRI dr Radjiman Wedyodiningrat 992 juga dilengkapi fasilitas kesehatan mumpuni, seperti Unit Gawat Darurat (UGD), ruang rawat inap dan isolasi, ruang radiologi, ruang bersalin dan bayi, klinik/poli, laboratorium, bank darah, ruang operasi, serta Intensive Care Unit (ICU) dan High Care Unit (HCU).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat