androidvodic.com

Panglima TNI Kaji Usulan Doni Monardo Dijadikan Pahlawan Nasional hingga Diabadikan di Mabes TNI - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengatakan pihaknya akan mengkaji usulan mantan Kepala BNPB, Letnan TNI (Purn) Doni Monardo menjadi pahlawan nasional atas dedikasinya kepada bangsa dan negara.

Agus mengatakan pihaknya nantinya bakal mengajukan hal tersebut sesuai peraturan yang berlaku.

"Nanti ada itunya ya ada aturannya nanti pasti, di bidang personel nanti kita akan mengusulkan. Nanti ada kriteria yang diatur bidang personel yang mengatur kalau sudah final," kata Agus di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Senin (4/12/2023).

Baca juga: Mensos Tri Rismaharini Sebut Doni Monardo Layak Jadi Pahlawan Nasional

Agus mengatakan ada sejumlah kriteria untuk Doni dijadikan salah satu pahlawan nasional di antaranya soal prestasi dan pita jasa yang diberikan dari negara kepada mendingan Doni Monardo.

Di sisi lain, keberhasilan penanganan Covid-19 di Indonesia dari tangan Doni juga bisa diperhitungkan untuk penetapan pahlawan nasional.

"Sangat bisa kan ada itunya kalau menangani sesuatu untuk bangsa dan negara ada rewardnya seperti pita seperti ini, nanti bidang personel yang akan kaji," tutur dia.

Baca juga: Prabowo, Wiranto, hingga Panglima TNI Ikuti Prosesi Salat Jenazah Doni Monardo


Akan Diabadikan di Mabes TNI

Di sisi lain, Agus membuka peluang untuk mengabadikan nama Mantan nama Doni Monardo di sejumlah gedung yang ada di Mabes TNI. 

Menurut dia, sejumlah gedung di Markas Kopassus juga menggunakan nama-nama dari tokoh pahlawan berkat dedikasinya terhadap nusa dan bangsa semasa hidupnya.

"Bisa bisa aja (nama Doni Monardo diabadikan di gedung Mabes TNI). Beberapa gedung di Kopassus dari pahlawan yang pernah berjuang nusa dan bangsa," ungkapnya.

Diketahui, Doni Monardo menghembuskan nafas terakhirnya di RS Siloam Jakarta Selatan pada Pukul 17.32 WIB Minggu (3/12/2023) setelah menjalani perawatan intensif sejak 17 September 2023 lalu.

Setelah itu, dibawa pulang ke rumah duka di kawasan Serpong, Tangerang Selatan untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan pada Senin (4/12/2023).

Sebelum itu, jenazah disemayamkan terlebih dahulu di Mako Kopassus, Jakarta Timur untuk upacara pelepasan sekitar pukul 08.00 WIB setelah dibawa dari rumah duka di kawasan Serpong, Tangerang Selatan.

Baca juga: Panglima TNI Pimpin Upacara Pemakaman Doni Monardo di TMP Kalibata

Terlihat, sejumlah pejabat turut hadir mulai dari Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Dewan Pertimbangan Presiden Wiranto, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto hingga KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat