androidvodic.com

Gelar Festival Dongdala Budaya Desa, Kemendikbudristek: Dorong Pemajuan Kebudayaan - News

News, JAKARTA -  Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (PPK) Kemendikbudristek menggelar Festival Dongdala Budaya Desa di Desa Pringgasela Selatan, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB.

Direktur Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kemendikbudristek Irini Dewi Wanti menjelaskan bahwa kegiatan ini bentuk kepedulian pemerintah terhadap kemajuan kebudayaan yang ada di Desa Pringgasela.

"Kegiatan ini dalam rangka menguatkan dan mendukung pemajuan desa. Begitu juga ntuk meningkatkan SDM generasi Pemuda untuk lebih peduli terhadap desanya," ujar Irini melalui keterangan tertulis, Kamis (21/12/2023).

Berbagai kegiatan terselenggara pada kegiatan yang berlangsung tanggal 16 hingga 23 Desember, di antaranya Pembuatan Janur, Bejabur atau Begawe Kelem, Nyiru Jaja Bejangkonga, Nyiru Jaja Bejangkongan.

Lalu Kesenian musik tradisional Klenang Nunggal Pancor Kopong, Tradisi Religi Zikir Saman, Pameran Budaya Desa Pringgasela Selatan, dan pameran tenun.

"Tidak kalah penting untuk mempererat kerukunan dan menjaga Silaturrahmi antar Warga Desa. Menjaga dan melestarikan tradisi budaya khususnya dalam issue ketahanan pangan yang biasa dilakukan masyarakat secara turun-temurun," ucapnya.

Baca juga: Lestarikan Budaya Leluhur, Warga NTT di Jabotabek Gelar Tradisi Etu

Tujuan lain kegiatan Festival dilaksakan yaitu terus mendukung Pembangunan Desa berkelanjutan dengan akar budaya yang kuat.

Pada acara puncak digelar acara Apresiasi Desa Budaya (ADB). Kegiatan tersebut Momen agenda tahunan sebagai puncak kegiatan program Pemajuan Kebudayaan Desa (PKD) yang digelar Ditjen Kebudayaan Kemendikbudristek sejak tahun 2021.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat