androidvodic.com

Siapkan Total 3.500 Kursi Ibadah Misa Natal, Gereja Katedral Jakarta Imbau Jemaat Gunakan Masker - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Gereja Katedral Keuskupan Agung Jakarta menggelar ibadah Misa Natal pada hari ini, Senin (25/12/2023) dengan dibagi menjadi 3 sesi.

Berdasarkan susunan acara yang diterima News, sesi pertama yakni Ibadah Misa Pontifikal yang digelar secara online dan offline sekitar pukul 08.30 WIB dan dipimpin oleh Uskup Ignatius Kardinal Suharyo dan Kuria KAJ.

Selanjutnya, sesi ibadah ke-dua yakni, Misa Keluarga yang digelar secara offline pada pukul 11.30 WIB dan dipimpin oleh Romo Yohanes Deodatus.

Terakhir, yakni ibadah Misa Sore yang digelar secara offline dan online sekitar pukul 17.00 WIB dan dipimpin oleh Romo Albertus Hani Rudi.

Sebagai informasi, pelaksanaan ibadah Misa Natal yang digelar di Gereja Katedral Keuskupan Agung Jakarta ini mengambil tema 'Kemuliaan Bagi Allah Damai Sejahtera di Bumi'.

Adapun tema itu diambil dari kitab Injil Lukas 2:14, dengan konsep penggabungan budaya nusantara dan tradisi natal.

Sementara itu, Dekorasi Natal 2023 di Gereja Katedral Jakarta ini mengusung tema Cinta Bumi dan Budaya Nusantara Mewarnai Sukacita Natal di halaman utama kompleks Gereja Katedral, Plaza Maria dan Gua Maria.

Dekorasi tersebut, menggambarkan kisah kelahiran Tuhan Yesus yang dinantikan dalam kesederhanaan, suasana sunyi dan kudus sekaligus memberi terang, suka cita dan keselamatan bagi umat-Nya di dunia. 

Kehadiran para gembala dan perjalanan tiga raja dari timur menyampaikan simbol pencarian Tuhan dalam berbagai cara oleh berbagai kalangan, serta solidaritas dan kepedulian pada kaum yang terpinggirkan. 

Setelah menemukan terang, mereka kembali ke tempat asalnya berada, dan dengan caranya masing-masing secara kreatif dan solutif menyebarkan kabar damai suka cita dan kasih sejahtera kepada orang-orang di sekitarnya, demi kemuliaan nama-Nya.

Pada perayaan Ibadah Natal tahun 2023 ini, Gereja Katedral Jakarta membuka seluruh kapasitas tempat duduk.

Dimana, kapasitas dalam Gereja Katedral untuk ibadat misa Natal ada sebanyak 800 kursi.

Sementara untuk area luar yaitu Plaza Maria dan Gua Maria tersedia 550 kursi, di tenda 1.536 kursi, Grha Pemuda lantai dasar 286 kursi sehingga secara keseluruhan sejumlah kurang lebih 3172 kursi.

Baca juga: Jadwal Misa Natal di Gereja Katedral Jakarta, Dimulai Pukul 08.30 WIB, Link Live Streaming

Tak hanya itu, pihak panitia juga menyediakan kursi cadangan, total mencapai 3.500 kursi, dengan catatan bagi jemaat yang mengalami flu untuk menggunakan masker dan menaati protokol kesehatan, mengingat meningkatnya kembali angka Covid-19 di Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat