androidvodic.com

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Chatib Basri: Ekonom Cemerlang, Kritiknya Bukan Main Pedasnya - News

News, JAKARTA - Mantan Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta, Selasa (2/1/2024) malam.

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah meninggal dunia sahabat kita, guru kita DR Rizal Ramli @RamliRizal, Selasa 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," tulis Teguh Santoso dalam akun Twitter pribadinya @TeguhTimurCom, dikutip Tribunnews.

Diketahui, Rizal Ramli lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954.

Baca juga: Profil Rizal Ramli yang Meninggal Dunia di RSCM, Perjalanan Karier hingga Sederet Jabatan Mentereng

Rizal Ramli pernah menjabat sebagai Kepala Badan Urusan Logistik (Bulog) periode 2000-2001.

Kemudian pada tahun yang sama, Rizal Ramli juga menjabat Menteri Koordinator Ekonomi, Keuangan dan Industri.

Pada pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rizal Rizal menjadi Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia menggantikan  Indroyono Soesilo pada 2015 - 2016.

Mengutip Wikipedia, di tingkat internasional, Rizal pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasihat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya.

Karena ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, Rizal pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.

Ekonom Cemerlang

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri menilai sosok Rizal Ramli merupakan ekonomi yang cemerlang dan gigih.

"Saya mengenal Rizal sejak jaman mahasiswa dulu. Ekonom yang cemerlang, aktivis yang gigih. Saat saya di pemerintahan kritiknya bukan main pedasnya," ujar Chatib dalam akun Twitternya @ChatibBasri.

"Tapi saya tahu itu dibutuhkan untuk Indonesia yang lebih baik. Selamat jalan Bang Rizal. Kehilangan besar untuk Indonesia," tulisnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat