androidvodic.com

Rizal Ramli di Mata Jusuf Kalla, Mahfud MD, dan Jimly Asshiddiqie - News

News - Berpulangnya ekonom yang juga mantan Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Rizal Ramli, meninggalkan kenangan dalam benak sejumlah tokoh nasional yang hadir di rumah duka di Jalan Bangka IX, Jakarta Selatan, Rabu (3/1/2024),

Mulai dari Wakil Presiden ke-10 dan ke-12 RI Jusuf Kalla, Menko Polhukam Mahfud MD, hingga mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie, mengaku kehilangan sosok Rizal Ramli.

Jusuf Kalla mengenang Rizal Ramli sebagai seseorang yang konsekuen dengan pemikirannya.

"Dia mengambil upaya berdasarkan pikiran-pikirannya dan dia konsekuen selama puluhan tahun itu walaupun juga dia pernah berada di pemerintahan walaupun waktu tidak lama."

"Kita kehilangan tokoh seperti ini," ungkap JK, Rabu.

JK mengatakan Rizal Ramli menggantikan posisinya sebagai Ketua Bulog pada tahun 2000.

"Jadi, kita selalu berdiskusi tentang pangan dengan beliau walaupun saya sering berbeda pendapat yang tajam tapi kita tetap bersahabat," ujar JK.

Baca juga: Sederet Tokoh Hadir di Rumah Duka Rizal Ramli, Ada Jusuf Kalla, Sandiaga Uno hingga Mahfud MD

Mahfud MD: Rizal Ramli Sahabat Lama

Sementara itu Menko Polhukam yang juga calon wakil presiden, Mahfud MD, mengenang Rizal Ramli sebagai seorang sahabat.

"Pak Rizal Ramli itu sahabat lama saya, kami sering bepergian baik ke luar negeri maupun di dalam negeri berkeliling-keliling menyebar luaskan ide," ungkap Mahfud MD.

Pada pokok-pokok ide yang besar untuk negara, Mahfud mengaku selalu sama dengan Rizal Ramli.

"Ada kalanya dalam hal-hal yang sifatnya taktis dan operasional bisa berbeda dan kita bisa saling mendukung dan saling mengeritik," ujar Mahfud.

Mahfud menyebut pertemuan terakhirnya dengan Rizal Ramli terjadi saat perayaan ulang tahun Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, sekitar bulan September 2023.

"Pertemuan terakhir saya bergurau dengan beliau itu pada saat hari ulang tahun Pak Luhut, sama-sama hadir di situ lalu saya bersalaman berpelukan gitu saling bercerita gitu gurau-gurau gitu."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat