androidvodic.com

Puslabfor Polri Turun Tangan Dalami Penyebab Kebakaran Gedung Karaoke di Tegal yang Tewaskan 6 LC - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Mabes Polri turun tangan mengusut kasus kebakaran di gedung Karaoke New Orange, Tegal, Jawa Tengah.

"Iya Puslabfor dari Polda maupun Biddokkes-nya turun dilibatkan menangani kasus," kata Kabid Bumas Polda Jawa Tengan Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto kepada wartawan, Rabu (17/1/2024).

Baca juga: Gedung Karaoke di Tegal Kebakaran, Enam Orang LC Tewas

Satake mengatakan nantinya Puslabfor akan mencari tahu terkait penyebab kebakaran gedung tersebut hingga menewaskan enam orang.

Untuk Biddokkes, kata Satake, diturunkan untuk mengidentifikasi identitas dari para korban.

"Kalau Puslabfor nya untuk mengetahui faktor kebakarannya," ucapnya.

Baca juga: Penyebab 6 Pemandu Lagu Tewas saat Kebakaran New Orange Karaoke Tegal, Korban Tak Alami Luka Bakar

Satake enggan membeberkan lebih dalam terkait sebab kebakaran bangunan tempat karaoke tersebut. Dia hanya menyebut pihaknya akan menjelaskan melalui konferensi pers.

"Kita siang ini mau kita rilis. Nanti kita sampaikan ya hasil penyebab kebakaran maupun penyebab kematiannya," paparnya.

6 Pemandu Karaoke Tewas

Kebakaran terjadi di Gedung New Orange Karaoke yang beralamat di Jalan Veteran, Tegal Timur, Kota Tegal kebakaran pada Senin (15/1/2024) pada pukul 08.00 WIB.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Stefanus Satake Bayu menyebut dalam insiden kebakaran tersebut, enam orang lady companion (LC) alias pemandu karaoke tewas.

"Korban yang telah di evakuasi berjumlah 9 orang, meninggal 6 orang dan 3 orang dirawat di Rumah sakit," kata Satake saat dihubungi News, Senin.

Adapun identitas korban meninggal dunia di antaranya NA (20), IN (26), PNF (28), ASP (22), ASQ (26), dan IS (30).

Satake awalnya, saksi yang berada di lokasi sedang memasak di dapur mencium adanya bau benda yang terbakar dengan diiringi kepulan asap yang tebal dari lantai 2 dan 3 gedung.

"Kemudian saksi mengetuk pintu satu persatu di lantai 2 namun saksi tidak kuat menghirup asap yang sangat tebal, kemudian saksi turun ke lantai 1 untuk melaporkan pada petugas satpam yang di bawah," ungkapnya.

Baca juga: Putri Nur Fajar Pemandu Lagu Korban Kebakaran Karaoke Orange Kota Tegal Dimakamkan di Indramayu

Setelah itu, saksi lainnya lalu mencoba memadamkan api dengan alat pemadam api ringan (APAR) yang berada di gedung itu sambil menyelamatkan sejumlah karyawan lainnya.

Setidaknya, ada 39 orang LC karaoke, 2 orang mami, dan enam orang karyawan restoran yang bekerja di tempat karaoke tersebut.

Namun, akhirnya saksi tidak kuat dengan kepulan asap dan melaporkan ke Polres Tegal Kota dan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Tegal untuk memadamkan api.

"Adapun api berhasil dipadamkan sekitar Pukul 08.40 WIB dengan mendatangkan 3 Unit Damkar milik Pemkot Tegal, 1 Unit AWC Polres Tegal Kota, dan 4 Unit Ambulance milik Rs. Kardinah dan RSI Kota Tegal," jelasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat