androidvodic.com

Kronologi Munculnya Seruan Mundur bagi Menteri Jokowi hingga Tanggapan Istana dan Sri Mulyani - News

News - Seruan mundur bagi menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju pimpinan Presiden Jokowi kini ramai diperbincangkan publik.

Nama Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pun turut dikaitkan dalam isu itu.

Seruan mundur tersebut awalnya diungkap oleh ekonom senior Faisal Basri untuk menanggapi sikap Presiden Jokowi yang dinilainya tak netral dalam Pilpres 2024.

Pasalnya menurut Faisal, pemerintahan Jokowi cenderung berpihak pada pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka pada Pilpres 2024.

Kemudian, Faisal pun menyebut nama Sri Mulyani sebagai menteri yang paling siap untuk mundur.

"Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani (menteri keuangan), Pak Basuki (menteri PUPR Basuki Hadimuljono), dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur."

"Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing," klaim Faisal dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Dalam kesempatan berbeda Faisal kemudian meluruskan bahwa dia tak secara langsung membujuk Sri Mulyani dan Basuki untuk mundur dari kabinet.

Ia hanya mendesak dan menyuarakan hal itu kepada masyarakat saja.

Bahkan, Faisal juga mulai menjaga jarak dengan Sri Mulyani dan Basuki, atau dengan menteri Jokowi lainnya.

"Saya enggak (tidak mendesak langsung). Saya disclaimer, saya tidak berhubungan langsung dengan yang saya sebut. Jadi saya juga jaga jarak gitu," kata Faisal dilansir dari WartakotaLive.com, Jumat (19/1/2024).

Baca juga: Pernyataan Menkominfo Soal Isu 15 Menteri Mundur

Lebih lanjut, Faisal mengaku mengenal Sri Mulyani sebagai sosok yang berintegritas, tetapi menurutnya kini Sri Mulyani sudah mulai resah.

"Tapi, saya kenal Bu Sri Mulyani yang punya integritas dan saya rasa 99 persen dia resah. Jadi bibit-bibitnya sudah terlihat," tuturnya.

Menurut Faisal saat ini para menteri, termasuk Sri Mulyani, sedang mengalkulasikan berbagai dampak jika mengundurkan diri.

Baca juga: Sri Mulyani Angkat Bicara Soal Isu Dirinya akan Mundur dari Kabinet

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat