androidvodic.com

Pernyataan Menkominfo Soal Isu 15 Menteri Mundur - News

Laporan Wartawan News, Dennis Destryawan

News, JAKARTA -- Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi membantah isu 15 menteri di kabinet Indonesia Maju akan mundur dari pemerintahan.

"Bahwa isu mundurnya Menteri bahkan jumlahnya sampai 15, terus sekarang turun jadi 5, itu adalah isu yang sama sekali tidak benar," ujar Menkominfo di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Menkominfo memastikan, Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin masih solid sampai saat ini.

Baca juga: Kilas Balik Sri Mulyani dan Basuki Dua Kali Jadi Menteri Jokowi, Kini Diisukan Mundur

"Seluruh Menteri tetap fokus kerja, fokus kerja," kata Menkominfo.

Menkominfo mengaku sudah berkomunikasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, yang juga diisukan bakal mundur dari kabinet Indonesia Maju.

"Beliau ini sedang mempersiapkan untuk debat Dewan Kemanan PBB tentang Gaza dalam waktu kedepannya. Jadi isu-isu ini tolong diluruskan ke masyarakat," terang Menkominfo.

Menkominfo menilai isu, tersebut pertama kali dilontarkan seorang ekonom, yang kemudian dipercayai oleh masyarakat.

"Ekonom berpendapat disampaikan ke media, terus semua orang suruh percaya," tambah Menkominfo.

Demi meluruskan itu, kata Menkominfo, ia sudah mengkonfirmasi ke seluruh menteri. Dan keseluruhannya membantah isu mundur dari kabinet.

"15 Menteri mau mundur itu opini, bukannya fakta, karena faktanya saya sudah cek satu-satu Menteri, bu ini ada berita begini benar tidak bu, pak ada berita begini benar tidak, tidak. Semua membantah, jadi daripada satu-satu kalian tanyain, mending saya suruh jawab aja bahwa isu tersebut tidak benar, begitu," tutur Menkominfo.

Baca juga: Sosok Menteri-menteri Andalan Jokowi yang Diisukan Mundur oleh Faisal Basri, dari Kalangan Teknokrat

Menurut Menkominfo, isu tersebut muncul karena dinamika politik yang berkembang. Ditambah jelang Pemilihan Presiden pada Februari 2024 mendatang.

"Masa krusial, biasa lah, semua manuver, semua usaha, boleh aja tidak apa-apa, namanya usaha, cuma kan kita harus lurusin yang benar," kata Menkominfo.

Sebelumnya, Isu terkait Menteri Keuangan Sri Mulyani bakal mundur dari kabinet diutarakan Ekonom Senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Faisal Basri dalam Political Economic Outlook 2024 di Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (13/1/2024).

Menurut Faisal, menteri yang bakal mundur bukan hanya Sri Mulyani, tapi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan menteri lainnya yang mulai tak nyaman dengan Jokowi.

"Ayo sama-sama kita bujuk Bu Sri Mulyani (menteri keuangan), Pak Basuki (menteri PUPR Basuki Hadimuljono), dan beberapa menteri lagi untuk mundur. Itu efeknya dahsyat. Secara moral, saya dengar Bu Sri Mulyani paling siap untuk mundur. Pramono Anung (sekretaris kabinet) sudah gagap. Kan PDI (PDI Perjuangan) belain Jokowi terus, pusing," klaim Faisal.

Faisal pun mengatakan keadaan sekarang seolah menjadi momentum yang tepat untuk para menteri mundur.

"Katanya nunggu momentum, mudah-mudahan momentum ini segera insyaallah jadi pemicu yang dahsyat, seperti Pak Ginandjar (Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri Ginandjar Kartasasmita) dan 13 menteri lainnya mundur di zaman Pak Harto (Presiden Soeharto)," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat