androidvodic.com

Maksimalkan Potensi Nasional, Perguruan Tinggi Kembangkan Keilmuan Pariwisata Berkelanjutan - News

Laporan wartawan News, Fahdi Fahlevi

News, JAKARTA - Ketua Prodi Pengelolaan Perhotelan Universitas Pelita Harapan (UPH), Amelda Pramezwary, mengatakan pandemi secara global itu telah membawa perubahan dalam dunia pariwisata.

Amelda mengatakan perguruan tinggi memiliki peran dalam mengembangkan keilmuan pariwisata berkelanjutan.

"Pengetahuan sustainable tourism menjadi penting karena wisatawan kini lebih tertarik untuk menjelajahi keindahan alam, dengan memperhatikan dampak positifnya terhadap lingkungan, budaya, sosial, dan ekonomi, baik di tingkat lokal maupun nasional," kata Amelda melalui keterangan tertulis, Jumat (19/1/2024).

Sustainable tourism, menurut Amelda, bukan cuma pengembangan destinasi wisata.

Tapi juga mempertimbangkan dampak aktivitas pariwisata dari segi lingkungan, budaya, sosial dan ekonomi.

Konsep ini menekankan pemikiran jangka panjang dengan mempertimbangkan dampak positif bagi masyarakat setempat dan lingkungan secara keseluruhan.

Dengan meningkatnya kesadaran akan pariwisata berkelanjutan, wisatawan kini lebih memperhatikan protokol kelestarian alam, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan.

"Konsep pariwisata berkelanjutan bukan hanya menjadi tren baru dalam berwisata, tetapi juga mencerminkan kesadaran global terhadap tanggung jawab bersama dalam menjaga keberlanjutan bumi dan kehidupan sosial," sebut dia.

Amelda sendiri menyebut jika konsep tersebut sudah seharusnya dipelajari oleh mahasiswa dan sivitas akademika.

Sementara di UPH sendiri kata dia konsep tersebut telah dipelajari pada prodi pengelolaan perhotelan UPH.

Konsep sustainable tourism yang dijalankan lewat perkuliahan di UPH mengedepankan aspek pengelolaan bisnis pariwisata yang berkelanjutan, aspek ekonomi berkelanjutan, keberlanjutan budaya, dan lingkungan yang berkelanjutan.

Empat hal tersebut pun telah diterapkan di desa Kebondalem Kidul di Klaten Yogyakarta.

Baca juga: Kunjungan Turis Asing Naik Tajam Pasca Pandemi, Perguruan Tinggi Kembangkan Prodi Pariwisata

"Melalui kegiatan ini, masyarakat lokal memiliki peluang baru untuk mengembangkan produk wisata kuliner secara berkelanjutan. Para mahasiswa UPH memberdayakan masyarakat setempat, meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan mereka, serta menciptakan ekosistem pariwisata yang saling menguntungkan," pungkasnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat