androidvodic.com

VIDEO Ganjar Usul Format Debat Terkahir Diubah: Saling Potong akan Menarik - News

News, JAKARTA - Calon Presiden (Capres) nomor urut 03 Ganjar Pranowo langsung berkegiatan Senin (22/1/2024) pagi usai semalam menemani calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD berdebat.

Pagi tadi Ganjar menyambangi Kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Jakarta Pusat.

Terlihat ada Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Yenny Wahid, hingga Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo yang menemani Ganjar.

Usai pertemuan, Ganjar berharap debat peserta Pilpres 2024 terakhir tidak menggunakan format tanya jawab.

Menurutnya debat yang bisa saling sanggah justru akan menarik. 

Hal itu Ganjar sampaikan kepada awak media di Kantor Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Jakarta Pusat, Senin (22/1/2024).

"Mungkin baik juga sih debatnya bukan tanya jawab. Betul-betul debat, beradu saling potong, itu akan menarik," ujar Ganjar.

Jika format debat dilakukan seperti yang diharapkan oleh Ganjar, maka menurutnya masyarakat selaku pemilih bisa mendapatkan preferensi masing-masing. 

"Dan kalau itu iya, maka orang akan melihat dari sisi kapasitas dari masing-masing sehingga masyarakat mendapatkan preferensi-preferensi yang bagus," tuturnya.

"Sehingga problem-problem bangsa ini bisa diselesaikan dengan baik dari kacamata masing-masing kandidat dan dinilai oleh calon pemilih," ia menambahkan. 

Sebagai informasi, telah berlangsung 4 kali debat Pilpres 2024 dengan tak menggunakan format saling sanggah.  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI selalu penyelenggara menegaskan pihaknya sudah menyusun debat secara optimal. 

“Apa yang sudah kami susun, kami rasa sudah optimal. Untuk format, alur, segmen, termasuk waktu, tidak mengalami perubahan,” kata Anggota KPU RI August Mellaz di kantornya, Rabu (10/1/2024). 

“Kalau ada pihak-pihak lain yang berkeberatan atau mengusulkan format lain, silakan dilakukan, tapi KPU posisinya di situ,” sambungnya. 

Ia juga menambahkan, format debat merupakan bagian yang sudah KPU susun bersama-sama tim pasangan calon. Format yang sudah berjalan ini disebut Mellaz mengakomodasi masukan dari banyak pihak dalam rapat.

Adapun debat terkahir yang bakal berlangsung 4 Februari mendatang bakal diikuti oleh para capres. Tema debat kelima adalah Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, SDM, dan Inklusi. (*)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat