androidvodic.com

Tips Seleksi CPNS, Persiapkan Teknis Tes dan Perbanyak Latihan Soal - News

News - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) sedang mengorganisir seleksi nasional tahunan untuk Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2024 dengan menyiapkan total 2.302.543 posisi.

Dari jumlah tersebut, terdapat 1.605.694 lowongan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024, yang terdiri dari gabungan formasi instansi pusat dan daerah.

Sementara itu, kuota formasi CASN 2024 yang tersedia untuk pelamar umum dan fresh graduate adalah sebanyak 690.822 formasi. Selain itu, ada 6.027 kursi formasi CPNS yang disediakan khusus untuk jalur sekolah kedinasan

Para calon pelamar CASN jalur sekolah kedinasan diminta mempersiapkan dokumen persyaratan yang diperlukan untuk pendaftaran.

CTO Akses Education Centre Rachmat Nur Kholis mengatakan bukan hanya pemberkasan yang harus disiapkan secara matang, tetapi dengan mempersiapkan diri sendiri dalam memahami soal dan trik menjawab soal.

"Tidak bisa dilakukan dalam waktu yang singkat, minimal paling lambat itu 1 bulan sebelum uji tes CAT, karena dengan adanya sistem CAT ini, penilaian akan langsung mengkalkulasi hasil dari tiap peserta yang menjalani uji tes SKD," kata dia dalam keterangannya pada Sabtu (3/2/2024].

Menurut dia, hanya seorang diri yang bisa menolong peserta seleksi dalam menjawab soal dengan baik dan benar.

"Tidak peduli anak presiden, gubernur atau latar belakang pendidikan S3 pun tidak bisa mengakali sistem CAT," kata dia.

Baca juga: Info CPNS 2024: Jadwal, Syarat Pelamar, dan Cara Daftar Akun CASN di sscasn.bkn.go.id

Nur Azis Chief Operasional Akses Education Centre menjelaskan Bimbel Akses hadir sebagai solusi untuk membantu peserta seleksi CPNS mempersiapkan diri secara matang dan siap tempur untuk bersaing mendapatkan hasil terbaik.

Pihaknya juga akan mengevaluasi setiap peserta dari awal masuk sampai dengan selesai mengikuti bimbel di Akses.

"Banyak bimbel di luar sana menjanjikan garansi lulus tetapi kenyataanya tidak ada yang bisa meluluskan orang lain menjadi seorang ASN, salah satu misi kami adalah membantu peserta bimbel Akses untuk mampu bersaing secara sehat dan murni, agar tercipta seorang ASN yang baik,jujur dan kompeten," kata dia.

Bimbel Akses rutin memberikan tips dan trik dari para pengajarnya yang 80 persen nya terdiri dari tenaga ASN.

Lembaga Bimbel tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan lebih berpengalaman dalam menghadapi seleksi CASN 2024.

Sementara itu, MenPAN RB Abdullah Azwar Anas meminta peserta menyiapkan proses pemberkasan dengan baik jauh-jauh hari sebelumnya.

“Pemerintah telah merancang skema kebutuhan ini dan berharap dapat melahirkan calon ASN yang berdedikasi, kompeten, dan inovatif dalam mengatasi permasalahan rakyat,” kata dia 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat