androidvodic.com

AHY Ceritakan Kisahnya sebelum Dilantik Jokowi jadi Menteri ATR Hari Ini: Serba Mendadak - News

News - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menceritakan kisahnya sebelum dilantik oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) hari ini, Rabu (21/2/2024).

AHY menyebut, proses dirinya ditunjuk menjadi Menteri ATR/BPN berlangsung dengan cepat.

Pada Senin (19/2/2024) malam, dia mendapatkan telepon dari Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg), Pratikno.

Di mana AHY diminta untuk bertemu Presiden Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (20/2/2024).

"Ini serba mendadak, kalau boleh saya sedikit cerita, jadi Senin malam itu saya baru mendapatkan telepon dari Mensesneg, Pak Pratik. Hanya bertanya, 'Apakah ada di Jakarta?' Dan beliau kemudian menyampaikan saya diterima oleh Pak Presiden Jokowi di Istana Merdeka, kemarin Selasa jam 8," tutur AHY usai pelantikan di Istana Negara, Rabu.

Meski mengaku tak tahu apa alasannya dia diundang ke Istana, AHY tetap datang menemui Jokowi.

Di sana, putra sulung Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu akhirnya diminta oleh presiden untuk bergabung dengan Kabinet Indonesia Maju.

Selain itu, kemarin Presiden Jokowi menyampaikan bahwa AHY bakal dilantik sebagai Menteri ATR/BPN Rabu ini.

"Saya tidak tahu apa agendanya apa ketika itu, tapi saya datang tentunya dan di situlah beliau meminta saya untuk bergabung di kabinet. Lalu juga menyampaikan bahwa hari ini dilakukan pelantikan," sambungnya.

Selain AHY, hari ini Jokowi melantik Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam).

Pelantikan itu berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34P Tahun 2024 Tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju periode sisa masa jabatan 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara, Nanik Purwanti.

Baca juga: Lepas Jabatan Menteri ATR/ BPN, Hadi Tjahjanto Minta AHY Lanjutkan Gebuk Mafia Tanah

Keppres tersebut, ditetapkan pada 20 Februari 2024.

Setelah pembacaan Keppres tersebut, Presiden Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan yang ditirukan oleh Hadi Tjahjanto dan AHY.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada undang-undang dasar NKRI tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat