androidvodic.com

Ikut Jejak Johnny Plate, SYL Pakai Uang Korupsi untuk Bantuan Bencana Alam & Fasilitas Keluar Negeri - News

Laporan Wartawan News, Ashri Fadilla

News, JAKARTA - Dakwaan eks Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengungkap adanya uang hasil korupsi yang mengalir untuk bantuan bencana alam dan keperluan keluar negeri.

Uang tersebut dikutip SYL dari para pejabat Eselon I di Kementan.

Dalam mengutip uang, dia tak sendiri, tapi bersama ajudannya, Muhammad Hatta dan eks Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan, Kasdi Subagyono yang juga menjadi terdakwa. Total yang dikumpulkan mencapai Rp 44,5 miliar.

"Bahwa jumlah uang yang dipeleh terdakwa selama menjabat sebagai Menteri Pertanian RI dengan cara menggunakan paksaan sebagaimana telah diuraikan di atas adalah sebesar total Rp 44.546.079.044," kata jaksa KPK, Masmudi dalam sidang pembacaan dakwaan SYL dkk, Rabu (28/2/2024) di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Berdasarkan dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Rp 3,5 miliar di antaranya dialokasikan untuk bantuan bencana alam/ sembako pada periode 2020 sampai 2023.

Uang untuk bantuan bencana alam/ sembako ini diperoleh dari Ditjen PSP, Ditjen Perkebunan, Ditjen Hortikultura, Ditjen Tanaman Pangan, BPPSDMP, Badan Ketahanan Pangan, dan Barantan.

Dari semua itu, Ditjen PSP menjadi penyetor terbanyak, yakni Rp 1,3 miliar.

"Penggunaan Uang: Bantuan Bencana Alam/ Sembako. Sumber Uang: Ditjen PSP, Ditjen Perkebunan, Ditjen Hortikultura, Ditjen Tanaman Pangan, BPPSDMP, Badan Ketahanan Pangan, Barantan. Jumlah: Rp 3.524.812.875," kata jaksa dalam dakwaan SYL.

Kemudian untuk keluar negeri, jaksa mengungkapkan ada Rp 6,9 miliar yang digunakan SYL dari hasil korupsi.

Uang sebanyak itu diperoleh dari Ditjen PSP, Ditjen PKH, Ditjen Perkebunan, Ditjen Hortikultura, Ditjen Tanaman Pangan, Balitbangtan, BPPSDMP, dan Barantan.

Setoran terbanyak untuk keluar negeri SYL diperoleh dari Ditjen Tanaman Pangan senilai Rp 2,098 miliar dan BPPSDMP senilai Rp 2,032 miliar.

"Penggunaan Uang: Keperluan Keluar Negeri. Sumber Uang: Ditjen PSP, Ditjen PKH, Ditjen Perkebunan, Ditjen Hortikultura, Ditjen Tanaman Pangan, Balitbangtan, BPPSDMP, Barantan. Jumlah: Rp 6.917.573.555."

Sebagai informasi, kondisi seperti ini sama dengan rekan separtai SYL di Nasdem, yakni eks Menkominfo Johnny G Plate dalam kasus korupsi tower BTS 4G.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat