androidvodic.com

Kementerian Pertahanan Panen Raya Jagung 9 Hektar di Food Estate Gunung Mas - News

Laporan Wartawan News, Gita Irawan

News, JAKARTA - Kementerian Pertahanan (Kemhan) melaksanakan panen raya jagung lahan food estate hasil kerja sama Kemhan dengan Kementerian Pertanian di Desa Tewai Baru, Kecamatan Sepang, Kabupaten Gunung Mas, Kalimantan Tengah pada Senin (11/3/2024).

Dandim 1016/Palangka Raya Kolonel Czi Wiwid Wahyu Hidayat mengatakan luasan lahan jagung yang dipanen seluas kurang lebih 9 hektar.

Ia mengatakan dalam waktu dekat nantinya juga akan dilaksanakan panen singkong seluas sekira 5 hektar.

Wiwid berharap ke depannya pelaksanaan program ketahanan pangan di Gunung Mas akan lebih berhasil ke depannya.

"Saat ini kita sedang melaksanakan panen jagung yang sudah berhasil ditanam kemudian kita panen dengan luas kurang lebih sembilan hektar," kata Wiwid dalam video yang diunggah di akun Instagram Kementerian Pertahanan yang terkonfirmasi melalui Biro Humas Kemhan pada Rabu (13/3/2024).

"Selanjutnya nanti ada beberapa lahan yang sudah kita siapkan untuk penanaman selanjutnya. Kemudian ada juga nanti panen singkong kurang lebih sekitar lima hektar yang akan kita laksanakan tidak akan lama lagi," sambung dia.

Wiwid juga mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Kemhan dengan Program Ketahanan Pangan di wilayahnya.

Dengan memanfaatkan lahan kosong yang ditanami komiditas tanaman pangan, menurut dia, akan memperkuat ketahanan pangan suatu wilayah.

"Sekaligus meningkatkan perekonomian masyarakat, dengan stok pangan yang cukup, dan perekonomian masyarakat meningkat, akan menekan laju inflasi," kata dia di laman resmi Kemhan pada Rabu (13/3/2024).

Asisten Khusus Menhan Bidang Ketahanan Pangan Letjen TNI (Purn) Ida Bagus Purwalaksana mewakili Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto juga turut menghadiri panen raya jagung tersebut.

Selain jagung, kata dia, ke depannya Kemhan akan memperbanyak menanam singkong dan kedelai bahkan labu Belanda yang merupakan komoditas ekspor.

"Berikutnya akan kita fokuskan lahan di Kelurahan Sepang supaya kita bisa berjaya di bidang pertanian hingga berdampak langsung pada peningkatan pendapatan atau perekonomian masyarakat, utamanya petani," harapnya.

Ida Bagus juga mengaku bangga kepada para prajurit Yonzipur 6 dan Denzipur 8 serta Kodim 1016/Plk yang sejak awal telah fokus, berkomitmen, dan berjibaku menggarap lahan-lahan tidur di Kecamatan Sepang sehingga berujung panen raya yang bermanfaat bagi masyarakat.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat